Home / Berita / PWNU Kalimantan Barat Sukses Meriahkan HSN 2023

PWNU Kalimantan Barat Sukses Meriahkan HSN 2023

 

Pontianak, – NU Khatulistiwa, engurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Kalimantan Barat bersama Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Barat (Kanwil Kemenag Kalbar) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak berhasil mensukseskan dan memeriahkan rangkaian peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2023 dengan tema Jihad Santri Jayakan Negeri.Ahad, 22/10.

Rangkaian tersebut berupa Expo dan Seminar Kemandirian Pondok Pesantren, Seminar Kebangsaan dan Bahtsul Masail, Pembacaan 1 Milyar Sholawat Nariyah, Apel HSN dan Ramah Tamah, serta ditutup dengan Lailatul Ujtima’. Peringatan HSN dibuka secara resmi oleh Kepala Kanwil. Kemenag Kalbar Dr. H. Muhajirin Yanis, M.Pd.I. bersama Rektor IAIN Pontianak yang juga Ketua PWNU Kalbar Dr. H. Syarif, MA. yang ditandai dengan pemotongan pita berbarengan.

Setelah dibuka secara resmi rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan HSN 2023 yang ditandai pengguntingan pita dilokasi Expo dan Seminar Kemandirian Pondok Pesantren berlokasi di Gedung Tower B IAIN Pontianak, seminar juga dilakukan di Aula Abdul Rani Mahmud IAIN Pontianak. Expo diikuti pondok pesantren utusan dari masing-masing PCNU Sekalimantan Barat. Kemudian seminar tentang kemadirian pondok pesantren, terutama yang telah memperoleh bantuan inkubasi bisnis syariah diisi oleh narasumber yaitu Ketua PWNU, Kakanwil Kemenag Kalbar, dan KH. Abdullah Faqir, ME, Pimpinan Pondok Pesantren Mambaul Khairat Kabupaten Ketapang yang berbagi pengalaman tentang kiat-kita membangun kemandirian pondok pesantren.

Melalui Lembaga Bahtsul Masail (LMB) PWNU Kalimantan Barat mengadakan Seminar Kebangsaan dan Bahtsul Masail yang mengusung tema NKRI Dalam Timbangan Syariat Islam, dengan narasumber Dr. (HC) K.H. Afifuddin Muhajir, M.Ag. Wakil Rais ‘Aam PBNU dan Dr. K.H. Abdul Muqsith Ghazali, MA selaku Katib PBNU. Kegiatan ini dilaksanakan pada 21 Oktober 2023 di Aula Abdul Rani Mahmud IAIN Pontianak. Hadir pada kegiatan ini menghadirkan para Kiyai dan Ustadz, akademisi utusan dari Pondok Pesantren dan kampus di Kalimantan Barat.

Agenda selanjutnya yaitu Pembacaan 1 Milyar Sholawat Nariyah, tepat pada malam minggu, yang dilakukan di Masjid Syeikh Abdur Rani Mahmud IAIN Pontianak. Kegiatan ini diikuti juga dihadiri Kakanwil Kemenag kalbar, Rois Syuriah, Rektor sekaligus Ketua PWNU Kalbar, dan jajarannya, dan pengasuh pondok pesantren. Ada lebih 500 jama’ah yang juga hadir, terdiri dari santri, mahasantri, pegawai IAIN Pontianak dan Kemenag Kalbar, dan segenap PWNU Kalbar.

Keesokan hari, Minggu 22 Oktober dilaksanakan Apel HSN bertempat dihalaman Kanwil Kemenag Kalbar. Adapun Pembina apel yaitu Pj. Gubernur Kalbar dr. Harisson,M.Kes. dan juga para peserta apel mendengarkan amanat apel dari Presiden RI Joko Widodo. Selesai apel dilanjutkan dengan acara ramah tamah tamu VIP bersama Pj. Gubernur dalam rangka HSN, yang berlangsung meriah dengan lantunan suara merdu dari Tim Hadrah Pondok Pesantren Darunna’im Pontianak.

Minggu malam, rangkaian HSN oleh PWNU Kalbar ditutup dengan Lailatul Ujtima’ yang berlangsung di Pondok Pesantren Darul Hidayah, Kubu Raya, dimana Pengasuhnya ialah K.H. Muhammad Isma’il Ghofur yang juga sebagai Rois Syuriah PWNU Kalbar. Lailatul Ujtima’ menghadirkan Wakil Rais ‘Aam PBNU Dr. (HC) K.H. Afifuddin Muhajir, M.Ag. dan Katib PBNU Dr. K.H. Abdul Muqsith Ghazali, M.A.

Rangkaian peringatan HSN 2023 tidak hanya berlangsung ditingkat wilayah, tetapi juga dilaksanakan serentak di 14 kabupaten/kota di Kalbar, dan juga ditiap-tiap pondok pesantren, dengan berbagai bentuk kegiatan yang terkoordinir oleh PWNU Kalbar. (D.Darmadi)

Check Also

Rais Syuriyah PWNU Kalbar Hadiri Pelantikan IPNU dan IPPNU Kabupaten Ketapang

Ketapang – NU Khatulistiwa, Pimpinan Cabang IPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama) dan IPPNU (Ikatan Pelajar …

Tinggalkan Balasan