Home / Berita / Sambut Konferwil VIII NU Kalbar, LTN NU Gelar Webinar Series Narasi Kecil Untuk NU Kalbar

Sambut Konferwil VIII NU Kalbar, LTN NU Gelar Webinar Series Narasi Kecil Untuk NU Kalbar

Pontianak – NU Khatulistiwa, Lembaga Ta’lif Wan Nasyr Pengurus Wilayah Nadhatul Ulama (LTN PWNU) mengemas buku bersama berjudul Narasi Kecil untuk NU Kalbar. Menuju Konferensi Wilayah ke-8, narasi ditampilkan dalam bentuk Webinar Series. Webinar perdana dilaksanakan Senin, 20 Juni 2022 yang dihadiri oleh keluar besar NU Kalimantan Barat.

H. Kaharudin, S.Ag selaku Plt. Ketua Tanfidziah PWNU Kalbar meresmikan webinar ini, beliau memberikan respek dan apresiasi terlaksananya program LTN PWNU Kalbar. Menurutnya LTN NU Kalbar aktif dan dapat konsisten untuk melakukan sesuatu yang berpengaruh besar untuk NU Kalbar.

“LTNU PWNU Kalbar Komitmen untuk melakukan hal-hal yang kecil dan mampu untuk meneguhkan diri berkomitmen melakukan yang besar. Saya apresiasi dan respek luar biasa karena konsisten ini. Pekerjaan ini akan memberikan kontribusi yang besar untuk NU Kalimantan Barat”.

Kaharudin menegaskan dan mengajak untuk meneguhkan komitmen organisasi, kader, maupun personal berkontribusi untuk NU.

“Saya mendorong agar kita komitmen, serius untuk meneguhkan komitmen Oranisasi, Kader, Personal untuk berkontribusi untuk NU agar NU dirasakan kehadirannya di masyarakat. Kita harus melihat tantangan di masa depan, untuk 1 sampai 10 atau 20 tahun medatang. Kita harus jeli memahami tantangan ini sebagai peluang, kita tidak bisa melakukan hanya apadanya tetapi menguatkan manajemen kita dengan baik agar tantangan dapat menjadi peluang, untuk pengembangan organsiasi dan kader NU agar dapat eksis di zamanya”. Tegasnya.

Ketua LTN PWNU Kalbar, Prof. Dr Ibrahim, MA memantik diskusi dan menyampaikan tujuan dari kompilasi buku Narasi Kecil untuk NU Kalimantan Barat.

“Siapa pun dari kita Kader NU punya peran dan memainkan peran sendiri dengan kapasitas dan posisi kita masing-masing profesi dan kompetensi kita, maka disebut dengan narasi walaupun bagianya kecil tapi ini adalah awal untuk kita menghadirkan hal yang besar. Menjadi wacana bersama dan menjadi kesadaran bersama untuk membangun dan sumbangsih NU Kalbar”, harapnya.

Webinar Series ini menghadirkan empat narasumber yang menulis buku Narasi Kecil untuk NU Kalimantan Barat;Catatan Pengabdian 2017-2022. Hadir Rosadi Jamani, S.Ag., M.Si., yang membahas tentang UNU Mahakarya NU Kalimantan Barat. Paparan Rosadi memberikan penguatan bahwa kebersamaan NU adalah kekuatan untuk menjaga amanah Ulama Kalbar, yakni UNU Kalbar. Kebersamaan tersebut pula terbukti dengan berkembangnya UNU yang telah mengalami peningkatan baik dari jumlah mahasiswa, SDM, sarana dan prasarana UNU Kalbar.

Imajinasi Kesetaraan di Tubuh NU Kalbar dipaparkan oleh Putriana, M.Pd., harapanya bahwa NU Kalbar dapat mengakomodir perempuan NU dalam kepengurusan NU sebagai Pengabul Aspirasi dan melahirkan fatwa yang berkesetaraan. Selanjutnya adalah Didi Darmadi, S.Pd.I., M.Lett., M.Pd yang membahas Resiliensi NU dan Peta Politi di Kalimantan Barat. Judul yang sama beliau tulis bersama Prof. Zaenuddin yang menunjukan prestasi Tokoh NU Kalbar di kancah nasional seperti Dr. H. Oesman Sapta Odang dan Dr. H.Hamzah Haz yang perlu menjaga dan memperkuat Distribusi Strategis Kader NU yang berdampak pada Era kebangkitan NU bagi Nadhliyyin.

Pernah terlibat dalam organisasi Ekstream dikisahkan oleh Rony Ramadhan Putra. Penulis NU Dalam Tantangan Dakwah Digital Menghadapi Puritanisme Ekstrim di Kalimantan Barat menyebut dirinya penyintas. Ia beharap konsolidasi Nadhliyyin menjadi penguat dalam menghadapi tantangan dakwah digital.

Webinar Series menunjukan antusias sahabat NU Kalimantan Barat. Terpantau kehadiran pengurus NU dari Kapuas Hulu, Bengkayang, bahkan melakukan nonton bersama. Webinar seris ini dirangkai terjadwal dengan narasumber yang berbeda. (Rilis)

Check Also

KH Ahmad Tidjani Sumenep Madura Lakukan Giat Safari Dakwah di Kalbar

Pontianak – NU Khatulistiwa, Tanggal 24-28 Maret 2022 menjadi menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Ikatan Keluarga …

Tinggalkan Balasan