Home / Berita / Diseminasi Rakernas, Satgas JPH Kementerian Agama Kalbar Lakukan Pertemuan

Diseminasi Rakernas, Satgas JPH Kementerian Agama Kalbar Lakukan Pertemuan

Pontianak – NU Diseminasi Rakernas, Satgas JPH Kementerian Agama Kalbar Lakukan Pertemuan Khatulistiwa, Jum’at, 8/4, Satgas Jaminan Produk Halal (JPH) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat melakukan pertemuan dalam rangka diseminasi hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Republik Indonesia tahun 2022 bulan Maret lalu.

Pertemuan Satgas JPH dipimpin langsung H. Kaharudin, S.Ag Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Kaharudin yang juga diberi tugas tambahan sebagai Ketua Satuan Tugas Jaminan Produk Halal (Satgas JPH) Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat. Selain Ketua Satgas JPH, hadir juga Sekretaris Syakirin, S.H.I, M.AP, dan anggota Satgas yaitu H. Kartono, S.Pd.I, M.Pd, Denni Sapriadi, S.Sos, Didi Darmadi, S.Pd.I, M.Lett, M.Pd.

“Secara umum ada dua rumusan akseleratif transformatif produk bersertifikat halal yang dihasilkan dari Rakernas tahun 2022 ini, yaitu pertama tentang standar biaya akomodasi dan transportasi, uji lab dan pemeriksaan halal. Kedua tentang pendampingan proses produksi halal. Mudah-mudahan dua rumusan ini akan cepat turun regulasi yang mengatur hal tersebut”, tutur Kaharudin ketika membuka pertemuan perdana ini.

Syakirin menyampaikan pertemuan perdana ini menyimpulkan beberapa poin yaitu satgas JPH Kalbar siap melaksanakan turunan tugas dari pusat, misalnya dalam hal registrasi online pelaku usaha ke website www.halal.go.id, pembiayaan, dan sosialisasi ke masyarakat.

“Sekarang pendaftaran produk halal sudah online, cuma masih ada pelaku usaha yang masih perlu didampingi oleh Satgas, jadi kita bantu dengan program Sehati dari BPJPH; pembiayaan Satgas tergantung dengan BPJPH karena belum menjadi satker sendiri, dan perlu juga menjalin kerjasama dengan instansi atau lembaga lain. Pelaku usaha yang sudah ada sertifikat wajib didatangi minimal 6 bulan sekali atau disesuaikan dengan anggaran satgas. Satgas JPH juga dalam waktu dekat akan melakukan rapat dengan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH)”, ujar Syakirin mengakhiri penyampaian poin-poinnhasil pertemuan.

Selesai pertemuan, tim melakukan kunjungan ke Sekretariat Satgas JPH, yang terletak dilantai 2 bagian Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat. (D.Darmadi)

Check Also

Bangun Soliditas PMII Untuk Semua Generasi, Pengurus Wilayah Lantik IKA-PMII Ketapang

Ketapang – NU Khatulistiwa, Sabtu, 16/07, Pengurus Wilayah Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA-PMII) …

Tinggalkan Balasan