Home / Badan Otonom / Upgrading BEM UNU Kalbar: Berkarya dan Profesional Berorganisi

Upgrading BEM UNU Kalbar: Berkarya dan Profesional Berorganisi

KUBU RAYA – NU Khatulistiwa, Sabtu, 12/2, Didi Darmadi, S.Pd.I, M.Lett, M.Pd menularkan ilmu dan pengalamannya dalam giat upgrading Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalimantan Barat. Kegiatan ini dilaksanakan ala outcamp alias outbond di Taman Albazia Kubu Raya.

Upgrading dihadiri Syinwani selaku Presiden Mahasiswa BEM UNU Kalimantan Barat, para menteri kabinet, dan panitia pelaksana kegiatan. Adapun tema upgrading ini yaitu Menumbuhkan Semangat Kepengurusan yang Berkarakter, Berakhlak, Bertanggungjawab, dan Berjiwa Kreatif.

Didi Darmadi selaku Sekretaris Umum Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA-PMII) Kalimantan Barat, diminta menyampaikan materi tentang Administrasi Kesekretariatan dan Perbendaharaan Dengan Karakter Islami. Didi menjelaskan bahwa pengadministrasian sudah dimulai secara tertib pada masa Rasulullah Saw.

“Rasulullah pernah memerintahkan kepada sahabat-sahabatnya agar mencatat transaksi hutang piuatang agar tidak terlupakan. Kebiasaan nabi tersebut diteruskan oleh para sahabatnya hingga sampai kepada para pengikutnya, hingga kini”, jelas Didi mengawali penjelasannya.

Didi yang berpengalaman menjadi sekretaris diberbagai organisasi ini menyampaikan tips menjadi pengadministrasi yang baik, yaitu rajin, aktif, berpengetahuan, loyal, jujur, disiplin, dan memiliki jaringan yang luas.

“Menjadi pengadministrasi, haruslah rajin, ya rajin menulis dan aktif mengikuti berbagai kegiatan organisasi dan rajin update pengetahuan, sehingga memiliki pengetahuan yang luas agar mudah dalam membantu ketua organisasi dalam merumuskan program kegiatan”, tutur beliau serius pada kesempatan tersebut.

“Sekretaris, bendahara harus loyal terhadap pemimpinnya, misalnya dalam mengelola organisasi mahasiswa sekelas BEM UNU Kalimantan Barat. Juga harus jujur dan disiplin agar dipercaya oleh siapapun, termasuk pemimpin organisasi”, tutup Didi mengakhiri pemaparannya. (Difani)

Check Also

KH Ahmad Tidjani Sumenep Madura Lakukan Giat Safari Dakwah di Kalbar

Pontianak – NU Khatulistiwa, Tanggal 24-28 Maret 2022 menjadi menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Ikatan Keluarga …

Tinggalkan Balasan