Home / Badan Otonom / Ketua PC Pergunu Kota Pontianak Isi Taushiyah Nuzul Quran di Mako Lantamal XII Pontianak

Ketua PC Pergunu Kota Pontianak Isi Taushiyah Nuzul Quran di Mako Lantamal XII Pontianak

Pontianak – NU Khatulistiwa, Bertempat di gedung Malahayati Serbaguna Markas Komando Lantamal XII Pontianak, berlangsung acara internal Keluarga Besar Angkatan Laut yakni buka puasa bersama dan sekaligus dirangkaikan dengan Peringatan Nuzulul Quran 1442 H Kamis, (29/4). Acara yang dihadiri langsung oleh Komandan Lantamal XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman dan para petinggi lainnya serta keluarga besarnya ini diawali dengan penampilan marawis oleh anggotanya dengan menampilkan kemampuan membuka acara hiburan dengan lagu tombo ati dan sholawatan. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci al Quran dan saritilawah oleh anggota juga.

Acara inti berupa pesan-pesan Ramadhan sekaligus makna Nuzulul Quran disampaikan oleh Sholihin H. Z. yang sehari-harinya juga adalah guru MAN 2 Pontianak.

Dalam makna nuzulul Quran, penceramah yang biasa menulis buku ini diantara sajiannya adalah bahwa ada satu surah yang namanya tidak tercantum dalam teks-teks ayat. “Semua nama surat dalam al-Quran selalu ditemukan dalam rangkaian teks-teks ayatnya, misalnya nama surat al Falaq terdapat pada ayat pertamanya. Tapi ada satu surat yang nama suratnya tidak tercantum dalam teks-teks ayat itu dan itu adalah al-Ikhlas. In menunjukkan kajian tentang keikhlasan ini sifatnya sirr dan hanya Allah swt yang tahu bahwa seseorang itu ikhlas atau tidak. Selevel malaikat saja tidak tahu apakah seseorang itu ikhlas atau tidak. Karena tugas malaikat hanya mencatat amal kebaikan. Karenanya, ikhlas ini merupakan puncak kebaikan seseorang dalam beramal.” demikian dinatar sajian penyampaian penceramah.

Diakhir penyampaiannya, penceramah mengajak semua yang hadir untuk bersama-sama mendoakan para korban tenggelamnya kapal KRI Nanggala 402 yang mengalami musibah semoga para kader terbaik Angkatan Laut segala amal ibadahnya diterima disisi Allah swt. Acara berakhir dengan pelaksanaan sholat tarawih dan musholla Nurul Bahri yang berada di kompleks Mako Lantamal XII Pontianak. *(red).

Check Also

Diklat Pembuatan Peragaan Virtual Augmented Reality Berakhir untuk Pergunu Kota Pontianak dan Kubu Raya

Kubu Raya – NU Khatulistiwa, Sejak dimulai tanggal 22 April 2021, DIKLAT Pembuatan Peragaan Virtual …

Tinggalkan Balasan

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com