Home / Berita / Perdana MTs Aswaja Pontianak Sukses Gelar Webinar Nasional Pengelolaan Perpustakaan di Era Digital

Perdana MTs Aswaja Pontianak Sukses Gelar Webinar Nasional Pengelolaan Perpustakaan di Era Digital

Pontianak – NU Khatulistiwa, Madrasah Tsanawiyah Aswaja Pontianak bekerjasama dengan Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (ATPUSI) sukses selenggarakan webinar nasional keperpustakaan. dengan tema “Pengelolaan Perpustakaan Sekolah di Era Digital” ini akan diselenggarakan pada Sabtu (13/03).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementrian Agama Kota Pontianak, Madrasi, S.Ag, Pengurus Yayasan erkumpulan Aswaja Pontianak Luqman Hakim, M.H.I, Kepala MTs Aswaja Pontianak Masykur, S.Pd, serta para dewan guru MTs Aswaja Pontianak dan diikuti oleh 130 peserta via aplikasi Zoom.

Menurut Maskur, S.Pd Kegiatan Webinar Nasional ini terselenggara sebagai bentuk tindak lanjut dari hasil Rapat Kordinasi antara Kepala Madrasah di lingkungan Kementriaqn Agama Kota Pontianak di Tanjung Bajau beberapa waktu lalu.

“Diharapkan dengan terselenggaranya Webinar Nasional Pengelolaan Perpustakaan ini diharapkan terjadi kerjasama antara Madrasah dan sekolah dengan ATPUSI nantinya dalam rangka mendidik dan memberikan wawasan bagi para pustakawan agar terampil dalam pengelolaan Perpustakaan” ujarnya.

Senada Dengan Masykur, Madrais, S.Ag selaku Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Pontianak menyambut baik terselenggaranya kegiatan webinar nasional pengelolaan perpustakaan ini. Menurutnya kegiatan ini menjadi sangat penting karena melalui tata kelola perpustakaan yang baik akan membawa daya tarik tersendiri bagi orang untuk membaca karena di dalam perpustakaan tersedia banyak buku yang menjadi jendela dunia.

“Saya berharap bahwa kedepan dengan pengelolaan perpustakaan di era digital ini menjadi sebuah inovasi yang sangat baik dan kedepan perlu semakin ditingkat sebagai tindaklanjut dari pelaksanaan kegiatan ini khususnya bagi kalangan pengelola perpustakaan di tingkat madrasah” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Luqman Hakim, M.Si menyampaikan rasa gembiranya mewakili Pengurus Yayasan Perkumpulan Aswaja Pontianak atas terselenggaranya kegiatan webinar nasional perdana kali ini. Ia menyampaikan bahwa dalam peradaban dunia perpustakaan terus mengalami perkembangan yang sanagat pesat bahkan jauh sebelum Islam hadir sudah lahir berbagai perpustakaan besar dunia seperti Perpustakaan Yunani Kuno, Sumeria, Alexandria hingga dalam sejarah Islam perpustakaan pertama dibangun pada masa Yazid Bin Muawiyah dan berlanjut hingga Dinasti Abbasiyah dan peradaban sesudahnya.

“Dengan kata lain, perpustakaanitu dibangun untuk terus mengembangkan ilmu pengetahuan dan peradaban. Dinamika pengembangan pengetahuan saat ini harus diiringi dengan upaya kreasi dan inovasi dari para pustakawan agar dapat terus mengikuti perkembangan zaman. Dalam hal ini Sekolah hendaknya terus mengembangkan perpustakaan keearah yang lebih baik sesuai dengan perkembangan zamannya. Ini menjadi titil awal untuk mendidik aktor-aktor pustakawan dalam mengembangkan dunia peradaban intelektual” ujarnya.

Dalam acara webinar kali ini hadir sebagai narasumber yakni Ketua Umum ATPUSI Muhammad Ihsanudin, Mellyani Ketua ATPUSI DPD Kalbar dan Tatik Hartati Pustakawan Berprestasi Kalbar Tahun 2019. Para peserta dalam kegiatan tersebut mendapatkan wawasan mengenai tata kelola perpustakaan di era digital, serta tips mengembangkan perpustakaan di lembaga pendidikan sekolah. (Ahmad Fauzi)

Check Also

Jelang NU Jabar Award, RMI NU Cianjur Kebut Sertifikasi Pesantren

Cianjur – NU Khatulistiwa, Pondok Pesantren memiliki kontribusi besar dalam menghasilkan generasi penerus bangsa yang …

Tinggalkan Balasan

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com