Home / Berita / BENTUK KARAKTER MAHASISWA, PMII IBNU KHALDUN UNTAN GELAR MABAPA

BENTUK KARAKTER MAHASISWA, PMII IBNU KHALDUN UNTAN GELAR MABAPA

Pontianak. NU – Khatulistiwa. Pengurus Rayon Ibnu Kaldun Universitas Tanjung Pura menggelar kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA), yang bertema : “Membentuk Karakter Mahasiswa  yang Berintegritas, Bertaqwa, Kritis, serta nasionalis Bersama PMII”, kegiatan pembukaan MAPABA ini dilaksanakan di Kantor PWNU Kalimantan BARAT Jl.Veteran, pada Sabtu, 6 Desember 2020.

Kegiatan ini dihadiri oleh Perwakilan pengurus cabang PMII Kota Pontianak sahabat Jailani, perwakilan PMII komisariat Universitas Tanjungpura, Pengurus Komisariat se Kota Pontianak, pengurus rayon se Kota Pontianak, kader kopri, serta puluhan kader PMII Se- Kota Pontianak. kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 14 peserta MAPABA yang berasal dari 3 kampus yang ada di kalbar yaitu kampus Universitas Tanjungpura Pontianak, Universitas Nadlatul ulama, dan IAIN.

Dalam sambutanya, Ketua Rayon Ibnu khaldun Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Untan  sahabat Nuril anwar mengatakan, mapaba ini merupakan tahap awal dalam memasuki dunia pmii.

” untuk menjadi anggota yang sah PMII, anggota wajib mengikuti PKD atau  (Pelatihan kader Dasar ), barulah anggota bisa dikatakan menjadi kader PMII yang sah” Ungkapnya.

Namun ia juga mengatakan  “ dalam ber PMII ada beberapa  tahapan Kaderisasi  Di pmii yang pertama adalah Mapaba ( Masa Penerimaan Anggota Baru ), Kemudia PKD dan selanjutnya adalah PKL” imbuhnya.

Ketua rayon Ibnu Khaldun berharap para peserta bisa enjoy mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir, karena akan ada beberapa materi yang akan disampaikan oleh pemateri yang diundang.  Kemudian ia juga berpesan kepada calon anggota Mapaba agar memiliki 3 hal dalam mengikuti kegiatan ini yaitu yang pertama Niat, kemudian berkomitmen dan terkahir berintegritas.

Sambutan Komisariat Universitas Tanjungpura disampaikan oleh sahabat faisal sebagai perwakilan Komisariat Universitas tanjungpura. Dia menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting. Karena sebagai awal para calon anggota PMII menjadi bagian dari PMII. Dia juga menyampaikan pesan kepada peserta mapaba untuk mengikuti alur dengan baik, karena bermanfaat untuk ke depan. ia menambahkan bahwa dengan berorganisasi dapat meningkatkan skill.

“ikutilah alur dengan baik, karena bermanfaat untuk ke depan. Karena dengan berorganisasi dapat meningkatkan skill” tuturnya

Sambutan yang terkahir di sampaikan oleh sahabt Jailani sebagai perwakilan dari pengurus cabang Kota Pontianak sekaligus membuka kegiatan Mapaba 2020 yang di laksanakan oleh Pengurus Rayon Ibnu khaldun.

Ia mengatakan bahwa “ ketika menjadi  seorang mahasiswa harus menajdi perubah di daerah masing-masing,  karena masyarakat desa atau tempat asal para calon anggota PMII menganggap mahasiswa sudah tau segalanya, maka dari itu manfaat kan peluang ini sebaik munkin, jadi lah agen of change di tempat asal masing-masing, minimal di tingkatan Gang atau Desa” tuturnya.

Menurutnya juga PMII adalah  yang tepat bagi mahasiswa untuk belajar tentang nilai-nilai keislaman, dan untuk merubah pola pikir para mahaiswa,  pola pikir ini lah yang memunculkan kesadaran mahasiswa akan tanggung jawabnya di dalam kehidupan masyarakat. (Periyato/Maulida)

Check Also

Ketua PC Pergunu Kota Pontianak Isi Taushiyah Nuzul Quran di Mako Lantamal XII Pontianak

Pontianak – NU Khatulistiwa, Bertempat di gedung Malahayati Serbaguna Markas Komando Lantamal XII Pontianak, berlangsung …

Tinggalkan Balasan

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com