Home / Badan Otonom / Peringati Hari Guru Nasional, Pergunu Sambas Gelar Webinar Angkat Kiprah Ulama Sambas

Peringati Hari Guru Nasional, Pergunu Sambas Gelar Webinar Angkat Kiprah Ulama Sambas

Sambas – NU Khatulistiwa, Pengurus Cabang Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PC PERGUNU) Kabupaten Sambas mengadakan kegiatan Webinar Nasional untuk memperingati Hari Guru Nasional melalui aplikasi zoom dan live streeming Fanspage NU Khatulistiwa, Rabu (26/11).

Webinar ini mengusung tema “Menelisik Gagasan Pendidikan Islam Ulama Nusantara; Syaikh Ahmad Khathib Sambas, Maharaja Imam Muhammad Basiuni Imran Sambas dan Imam Maharaja Muhammad Djabir Sambas”

Kegiatan ini menghadirkan 4 narasumber yaitu: Dr. Ahmad Ginanjar Sya’ban, M.Hum. (Dosen Pascasarjana UNUSIA), Dr. Adnan Mahdi, M.S.I. (Ketua PC PERGUNU Kabupaten Sambas), Dr. Erwin Mahrus, M.Ag. (Dosen Pascasarjana IAIN Pontianak) dan Tomi, M.Hum. (Dosen IAIS Sambas).

Ketua Pengurus Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PW PERGUNU) Kalimantan Barat, Jasmin Haris, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik gagasan PC PERGUNU Kabupaten Sambas mengadakan Webinar Nasional. “Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan menyambut baik gagasan Ketua PC PERGUNU Sambas, panitia, sponsor dan pihak yang terlibat dalam rangka Hari Guru Nasional ini”, ucapnya. Melalui Webinar ini, Jasmin juga mengajak para peserta khususnya guru untuk meningkatkan kecerdasan digital. “Oleh karena itu kepada guru yang kami muliakan, sebagai pintu gerbang dan garda terdepan, mestinya kita tidak hanya memiliki kecerdasan intelegensi, kecerdasan berpikir, kecerdasan emosional, tetapi kita juga harus memiliki kecerdasan digital yang zamannya kini sudah tidak bisa kita elakkan. Untuk itu, dengan kecerdasan digital yang kita miliki, kita dapat melaksanakan Webinar Nasional saat ini, semoga kegiatan ini bermanfaat buat kita semua”.

Jasmin berharap agar seluruh PC PERGUNU di wilayah Kalimantan Barat bisa membuka ide-ide kreatif dan inovatif untuk memajukan pendidikan di Kalimantan Barat. “Saya berharap, tidak hanya PC PERGUNU Kabupaten Sambas yang bisa melakukan kegiatan Webinar ini, mereka telah membuka pintu gerbangnya, semoga bisa disambut oleh PC PERGUNU lainnya membuka dan melaksanakan ide kreatif dan inovatif seperti ini untuk dikontruksikan dalam pembangunan, terutama pendidikan di wilayah PERGUNU Kalimantan Barat”, pungkasnya.

Usai kegiatan pembukaan, acara Webinar dilanjutkan dengan pemaparan materi dari empat narasumber. Kesempatan pertama disampaikan oleh Dr. A. Ginanjar Sya’ban yang mengupas seputar “Genealogi Pendidikan Islam Nusantara”. Lalu dilanjutkan oleh Dr. Adnan Mahdi dengan topik “Gagasan Pendidikan Sufistik Syaikh Ahmad Khathib Sambas”. Pemateri berikutnya adalah Dr. Erwin Mahrus yang mempresentasikan topik “Gagasan Pembaharuan Pendidikan Maharaja Imam Muhammad Basiuni Imran Sambas”, kemudian ditutup sesi penyampaian materi oleh Tomi, M.Hum., dengan topik “Gagasan Pendidikan Humanistik Imam Maharaja Muhammad Djabir Sambas”.

Kegiatan Webinar Nasional ini dimulai dari pukul 08.00-11.30 Wiba dengan diikuti lebih dari 100 orang peserta aktif melalui Zoom dan sebagian lainnya mengikuti melalui live streeming yang disiarkan melalui FB Fanspage NU Khatulistiwa. Jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 227 orang, dan rata-rata mereka adalah akademisi yang berprofesi sebagai guru, dosen, peneliti dan lainnya. Kegiatan berjalan lancar dari dimulainya acara hingga selesai, dan kegiatan ini di dukung oleh PW PERGUNU Kalimantan Barat, NU Khatulistiwa serta Wifi Baghdad Kartiasa Sambas. (Adn)

Check Also

Bacaan-bacaan dalam Shalat yang Menimbulkan Perdebatan

Oleh : Ira Santika Shalat merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim yang sudah menginjak dewasa  …

Tinggalkan Balasan

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com