Home / Berita / RATUSAN BARISAN SANTRI ANTUSIAS IKUTI UPACARA BENDERA

RATUSAN BARISAN SANTRI ANTUSIAS IKUTI UPACARA BENDERA

Upacara bendera dilaksanakan di halaman ponpes walisongo Jl.Ampera Kota Baru Pontianak diikuti oleh Ratusan santri Pondok Pesantren Walisongo, Pontianak Kalimantan Barat dalam rangka memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan RI di masa pandemi. (18/8/2020)

Acara ini bukan kali pertama digelar oleh ponpes.Walisongo melainkan telah menjadi upacara bendera tiap pekan dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI.

Dilaksanakan mulai pukul 07.00-08.30 wib, dipimpin oleh Gus Muhammad Fahmi Mubaroq Az Zuhri (Pimpinan Ponpes. Walisongo). Masing-masing barisan diintruksi oleh yang bertugas. Barisan santriwan diintruksi oleh petugas putra sedangkan barisan santriwati diintruksi oleh petugas putri.

Meski dalam kondisi dunia tak bersahabat, namun santriwan/i tetap antusias dalam mengikuti upacara bendera. Tak kalah juga dengan tenaga pengajar formal dan non formal yang turut hadir dalam upacara bendera.

“Pejuang terdahulu dalam merintis kemerdekaan Indonesia tidak dengan bermalas-malasan, tidak dengan melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat. Tapi itu semua tentu diayomi dengan usaha yang sungguh-sungguh, diayomi dengan ketaatan kepada Allah dan diayomi dengan mahabbah kepada Rasulullah saw.” Jelas Gus Fahmi.

Anak muda adalah generasi penerus bangsa. Jayanya tempat mu tergantung pemudanya. Oleh karena itu, lawanlah hawa nafsu. Jangan terlena dengan masa muda hanya tergiur pada hal-hal tidak bermanfaat. “Lawanlah hawa nafsu dengan meningkatkan ibadah kepada Allah SWT dan istiqomah sebagaimana yang telah dicontohkan oleh pejuang-pejuang terdahulu. Istiqomah dalam taat kepada Allah SWT, kepada orang tua dan kepada guru. Hingga terbangun Indonesia merdeka.” Pesannya.

“Upacara dilaksanakan untuk kembali mengeneng sejarah kemerdekaan, para Ulama’ dan pejuang, serta memupuk rasa kecintaan para santri terhadap Negara kesatuan Republik Indonesia.” Begitu alasan diadakannya upacara bendera menurut Ust.Ahmad Muharrom (Kepala Diniyah) dalam referensinya hadits At Tarmidzi yang menjadi pedoman “Hubbul Wathon.”
Dengan harapan mari bersama sama untuk bersatu memberikan sumbangsih dalam setiap masa kepada bangsa dan negara, serta kami harapkan segenap pemerintah lebih mengedepankan, mengapresiasi, membatu terhadap mutu pendidikan bangsa indonesia, khususnya pendidikan pesantren. Begitu pula imbuh Kepala Diniyah tersebut setelah upacara bendera usai. (Siti Sutami)

Check Also

PW JRA Kalbar Gelar Pelatihan Bektogur di Kapuas Hulu

Kapuas Hulu – NU Khatulistiwa, Pengurus Pimpinan Wilayah Jam’iyyah Ruqyah Aswaja Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama …

Tinggalkan Balasan

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com