Home / Berita / PC NU Melawi Peringati HUT RI ke-75 dengan Berziarah dan Tahlil Bersama di Makam Pahlawan

PC NU Melawi Peringati HUT RI ke-75 dengan Berziarah dan Tahlil Bersama di Makam Pahlawan

MELAWI –NU Khatulistiwa, Memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 tahun 2020. Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama Melawi melaksanakan kegiatan Ziarah dan Tahlil Akbar ke makam Pahlawan Nasional yang berasal dari Kabupaten Melawi, yakni Raden Tumenggung Setia Pahlawan di Desa Tekelak Kecamatan Pinoh Utara, Senin, (17-8-2020).

Sekretaris PC NU Melawi Drs. Shofiyullah dalam sambutanya menjelaskan ada 3 hal yang mendasari kegiatan Ziarah dan Tahlil Akbar oleh NU Melawi dalam rangka memperingati HUT Proklamasi RI yang ke-75 ini, pertama ekpresi syukur warga bangsa atas rahmat Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75, kedua komitmen NU untuk senantiasa istiqomah mengamalkan dan melestarikan amaliyah-amaliyah Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah, seperti ziarah kubur, tahlilan, do’a arwah dan lain sebagainya, dan yang ketiga bukti kecintaan NU terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan berziarah ke makam pahlawan nasional untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah syahid untuk mempertahankan Tanah Air Indonesia yang merupakan sajadah panjang tempat kita beribadah kepada Allah.

“Alhamdulillah sampai saat ini hanya Ormas Aswaja seperti NU yang masih berkomitmen menjaga amaliyah-amaliyah Ahlussunnah Wal Jamaah, seperti ziarah kubur, tahlilan, yasinan, do’a arwah dan lain-lain ditengah masyarakat, meskipun harus di syirik-syirikan dan dibid’ah-bid’ahkan”, ujar Pak Shofie.

Kegiatan tersebut sangat disambut baik oleh pihak ahli waris Raden Tumenggung Setia Pahlawan dan pemerintahan Desa Tekelak. Dalam sambutanya mewakili ahli waris dan pemerintahan desa, H. M. Badrun mengucapkan terima kasih atas kunjungan ziarah PC NU dan Banomya ke Makam Raden Tumenggung Setia Pahlawan.

“Semoga kegiatan ini bisa menjadi kegiatan rutin dan menjadi media untuk mengekpose bahwa di Tekelak ini ada makam Pahlawan Nasional yang bisa di ziarahi”, terang H.Badrun.

Kegiatan Ziarah dan Tahlil Akbar ditutup dengan penyerahan bantuan paket sembako dari Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LazisNU) Melawi kepada para dhuafa dan anak yatim yang ada di Desa Tekelak Kecamatan Pinoh Utara.

Menurut Ketua LazisNU Melawi, M.Yusuf penyaluran bantuan paket sembako kepada para dhuafa dan anak yatim ini merupakan program sedekah rutin dari LazisNU Melawi setiap bulannya, semoga dengan penyaluran yang rutin setiap bulannya ini, semakin banyak lagi para dermawan dan aghniya yang mau menjadi donatur program LazisNU Melawi ini. (Sukarno)

Check Also

Jaga Kehalalan, Satgas JPH Lakukan Pengawasan Ke Pelaku Usaha

Pontianak – NU Khatulistiwa, Rabu, 30/3, Satgas Jaminan Produk Halal (JPH) Kantor Wilayah Kementerian Agama …

Tinggalkan Balasan