Home / Opini / Melawan Corona Melalui Puasa

Melawan Corona Melalui Puasa

Oleh:Didi Darmadi JA

Akademisi IAIN Pontianak

Terlebih dahulu perlu kita jawab pertanyaan mendasar mengapa berpuasa merupakan momentum jitu (tepat dan akurat) untuk melawan wabah Corona atau Covid-19 yang sedang melanda dunia saat ini?

Jawabannya pertama, secara filosofis perintah puasa sudah diwajibkan sejak dahulu kala, sebagaimana firman Allah Swt. Dalam Q.S. Al-Baqarah: 183; kedua, ibadah puasa merupakan ibadah yang jitu sebab langsung dipersembahkan kepada Allah Swt. Sebagaimana terjemahan hadits berikut ini “Setiap amalan manusia adalah untuknya kecuali puasa, sebab ia hanyalah untukku dan Akulah yang akan memberikan ganjaran padanya secara langsung.” (HR Bukhari dalam Shahihnya: 7/226 dari hadis Abu Hurairah); ketiga, mari berdoa kepada Allah Swt. agar wabah Corona segera berlalu, sebab momentum puasa ramadan inilah segala doa dan amal ibadah kita langsung diganjar Allah Azza wa Jalla.

Inilah mengapa penulis mengatakan ibadah puasa ramadan sebagai ibadah yang jitu, yang penulis ibaratkan sebagai fish finder, karena Allah Swt. yang langsung mengganjar pahala kepada umat nabi Muhammad Saw. yang tulus ikhlas melaksanakan perintahNya, berlapar-lapar dan dalam kedahagaan. Senantiasalah kita berdoa agar segala marabahaya terlebih pandemi covid-19 di negeri nusantara Indonesia ini bahkan di dunia hilang musnah tiada bersisa. Sehingga kehidupan kita akan berjalan normal kembali seperti sediakala.

Terlebih lagi disaat seluruh negara dan umat di dunia diuji dengan pandemi Covid-19, ibadah puasa ramadan merupakan momentum jitu-sangat tepat untuk memohon kepada Allah Swt. agar kita segera terbebaskan dari wabah Covid-19 ini. Ibaratnya ketika anda mencari ikan ditengah lautan yang luas dan dalam, anda tidak mungkin bisa melihat keberadaan ikan, ikan ibarat makhluk ghaib. Tetapi dengan alat fish finder, anda dapat melihat dan memonitor dengan tepat keberadaan ikan didalam lautan, tinggal anda pilih mana gerombolan ikan yang banyak dan ikan yang besar, barulah anda melabuhkan jangkar kapal kemudian memancingnya atau menurunkan jaring untuk menangkap ikan tersebut, insyaallah hasilnya akan melimpah ruah.

Ikhtiar psycal distancing melawan Covid-19, sesungguhnya disyariatkan ibadah puasa ramadan juga telah mendidik umat Islam untuk menahan nafsu: hidup terkontrol dan bersih, tidak makan dan minum sembarangan apalagi di siang hari, menahan diri untuk berinteraksi dengan orang lain agar terhindar dari berkurangnya pahala ibadah puasa, bahkan saking bernilainya ibadah puasa ramadan tidurpun bagi orang yang sedang melaksanakan puasa terhitung ganjaran pahala dari Allah Swt.

Selayaknya dengan banyak hikmah pada saat bulan ramadan bukan hanya berefek semakin dekatnya kita kepada Allah Swt. tetapi juga semakin menenteramkan suasana hati kita dan semakin terbangunnya jiwa sosial kita kepada sesama umat manusia. Jadikan dua momen penting ini, yaitu ibadah puasa ramadan dan bersatu melawan Covid-19, semakin menyadarkan kita akan pentingnya kesehatan dan kebersamaan. Biasanya batin dan zhahir kita akan ringan melaksanakan berbagai macam ibadah dan aksi kemanusiaan, terutama ibadah sosial seperti berinfaq dan bershodaqah.

Mari kita terus meningkatkan ibadah dan kesalehan sosial dan jangan lupa selalu berdoa agar terbebaskan dari wabah Covid-19. Suasana kesalehan dan kebersamaan seperti inilah yang mestinya bisa kita lakukan setiap waktu, tidak hanya pada bulan ramadan saja, tetapi tumbuh dan terjaga hingga pada bulan-bulan lain dalam kehidupan kita.  

Check Also

PC IPNU IPPNU Kabupaten Mempawah adakan Pelatihan Desain Grafis dan Buka Bersama

Mempawah – NU Khatulistiwa, Desain grafis merupakan suatu hal Yang penting dimiliki oleh sebuah organisasi …

Tinggalkan Balasan

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com