Home / Badan Otonom / Kopri PMII Komisariat IAIS Sambas Gelar Kajian Keperempuanan

Kopri PMII Komisariat IAIS Sambas Gelar Kajian Keperempuanan

Sambas – NU Khatulistiwa, Korps PMII Puteri (KOPRI) Komisariat IAIS Sambas menyelenggarakan Kajian Keperempuanan, Jumat, 27/2. Kegiatan bertempat di Sekretariat Pengurus Cabang NU Sambas, kajian ini diikuti oleh sejumlah KOPRI dari unsur rayon dan komisariat.


Kajian KOPRI dengan mengusung tema “Perempuan dalam Perspektif Fiqh” menghadirkan Sahabat Nuraini, M.Pd.I selaku Pengurus IKA PMII Sambas. Dalam materinya, Nuraini menjelaskan bahwa dalam agama islam, perempuan memiliki keistimewaan yang besar, bahkan kemuliaan seorang perempuan tergambar dari sabda Nabi Muhammad SAW yaitu “Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah perempuan yang shaleha”. (HR. Muslim) ungkapnya. Nuraini juga menjelaskan mengenai problematika perempuan dalam hal ibadah, siyasah, sosial, wilayah publik dan dalam pernikahan (munakahat). “Analisis mengenai perempuan hari ini bukan hanya menyangkut masalah kesetaraan gender, tetapi para perempuan juga harus mengetahui dan memahami perannya jika dipandang dari sisi agama.” Pungkasnya.

Ketua Korps PMII Puteri Komisariat IAIS Sambas, Rusiana berharap dengan adanya kajian kepeempuanan ini dapat menegakkan hak antara perempuan dan laki-laki atas kesempatan dan pengakuan yang sama, dan bersama memberikan sumbangsih untuk pembangunan dan kemajuan dalam masyarakat.

“Agar perempuan mengetahui dan memahami mengenai kesetaraan dan keadilan gender itu apa, bagaimana dan seperti apa.” Ungkapnya

Rusiana menjelaskan bahwa kajian keperempuanan ini untuk membentuk soliditas dan solidaritas antar kader puteri PMII Sambas. dan juga untuk mengembangkan potensi dan kualitas yang ada pada perempuan, khususnya kader puteri PMII Sambas, pungkasnya. (Nur Asika)

Check Also

PW JRA Kalbar Gelar Pelatihan Bektogur di Kapuas Hulu

Kapuas Hulu – NU Khatulistiwa, Pengurus Pimpinan Wilayah Jam’iyyah Ruqyah Aswaja Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama …

Tinggalkan Balasan

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com