Home / Berita / Tradisi Tahlilan dan Yasinan Malam Jumat Banyak Ditemukan Di Desa Pasak

Tradisi Tahlilan dan Yasinan Malam Jumat Banyak Ditemukan Di Desa Pasak


Kubu Raya – NU Khatulistiwa, “Ada kalangan ulama yang mengatakan yasinan dan tahlilan itu bid’ah tapi hal ini tidak berlaku bagi warga desa pasak yasinan dan tahlilan, dimalam jumat diyakini malam yang ampuh untuk mengirimkan pada orang yang telah meninggal. Yasinan dan tahlilan kali ini dihadiri tokoh agama, tokoh mayarakat dan tokoh pemuda bersama sama mengirimkan doa”.
Kita bisa melihat tradisi yasinan dan tahlilan di setiap malam jumat di kampung buntar khususnya dan kampung yang lain di sungai ambawang desa pasak kabupaten kubu raya mengikuti Imam safii mayarakat melakukan yasinan dan tahlilan setiap ada acara baik malam jumat maupun malam yang lainnya, tradisi ini tetap dijalankan yang menganut Aswajah. buntar kamis ( 9/11/2017 ) .
“Menurut Ust Sahudi,  Mt.  Mengatakan saat di temuai Wartawan NU Khatulistiwa diselasela acara yasinan dan tahlilan, kegiatan ini merupakan adalah mengikuti para ulama khususnya warga NU, kebanyakan mayarakat dikampung buntar ini adalah pengikuti NU jadi kita setiap malam jumat maupun malam yang lain di adakan yasinan dan tahlilan”. Katanya
Dia melanjutkan, Ada tiga perkara yang wajib diperhatikan oleh setiap Mu’min di dalam seluruh keadaan, yaitu:

1.Melaksanakan segala perintah Allah

2.Menjauhkan diri dari segala yang haram

3.Ridho dengan hukum-hukum dan ketentuan Allah
“Ust Sidik menambahkan salah satu masyarakat yasinan dan tahlilan ini adalah kegiatan yang menyadarkan kita agar lebih mendekatkan pada sang kuasa, serta tidak meninggalkan tradisi NU,  dia mengajak khususnya para pemuda yang ada dikampung kami, dan mengajak dengan kebaikan dan jauh dari perbuatan maksiat sehingga pemuda akan lebih baik dengan adanya yasinan dan tahlilan”. Pungkasnya
Kami berpesan pada semua kalangan yang mengikuti Ahlusunah Waljamaah khususnya warga NU bahwa ulama yang yasinan dan tahlilan bukanlah bid’ah ayo ikuti ulama NU walaupun mereka yang tidak yasinan dan tahlilan walaupun wahabi tidak senang dangan yasinan dan tahlilan Penganut NU insyallah mendapatkan pahala dari Allah Ungkapnya. ( Jo)

Check Also

Rais Syuriyah PWNU Kalbar Hadiri Pelantikan IPNU dan IPPNU Kabupaten Ketapang

Ketapang – NU Khatulistiwa, Pimpinan Cabang IPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama) dan IPPNU (Ikatan Pelajar …

Tinggalkan Balasan