Home / Berita / Tradisi ASWAJAH Masih Terawat di Daerah Perdesaan, Tahlil & Yasinan di Malam Jumat.

Tradisi ASWAJAH Masih Terawat di Daerah Perdesaan, Tahlil & Yasinan di Malam Jumat.

 

Kubu Raya  – NU Khatulistiwa – Ada tiga perkara yang wajib diperhatikan oleh setiap Mu’min di dalam seluruh keadaan, yaitu:

1.Melaksanakan segala perintah Allah

2.Menjauhkan diri dari segala yang haram

3.Ridho dengan hukum-hukum dan ketentuan Allah
Ketiga perkara ini jangan sampai tidak ada pada seorang Mu’min. Oleh karena itu seorang Mu’min harus memikirkan perkara ini, bertanya kepada dirinya tentang perkara ini dan anggota tubuhnya melakukan perkara ini.
Inilah yang dijalankan oleh warga Kampung Buntar Desa pasak kec sungai ambawang kabupaten kubu raya, dari Jaman dahulu telah melakukan tahlil dan Yasinan sesuai ajaran Ahlusunah Waljamaah para ulama dan habeib, walaupun orang menggap yasinan dan tahlilan itu bid’ah oleh anggapan wahebi. Sebagai pengikut NU diwajibkan melaksanakan tugas sesuai yang diajarjan para uluma, Jl. Buntar ( 2/11/17 ).
NU menurut warga buntar adalah ajaran yang mengajarkan bagaimana kita mengirimkan doa pada orang yang telah meninggal, setiap orang yang mengirimkan Alfateha, yasin dan Tahlil semua itu Karna Allah dan doa itupun langsung sampai pada orang telah meninggal, tradisi inilah yang diyakini sampai saat ini setiap malam jumat semua, orang NU pasti menemukan yasinan dan tahlilan di daerah perkempungan dan perkotaan bahkan saat ini para ulama telah mengsiarkan Pengajian dengan pembacaan Sholawat kepada baginda Nabi Muhammad
“Menurut H. Zainal selalu pimpinan Yasianan mengatakan pada Wartawan NU Khatulistiwa saat di temui disela sela perbincangan, yasinan dan tahlilan ini sudah dari jaman nenek moyang kami karna tradisi itu merupakan kebiasaan yang harus dirawat oleh generasi muda, jangan sampai anak muda nantinya mempunahkan yang dilakukan kami”. Katanya
dia menambahkan tahlilan dan yasinan adalah kiriman doa pada orang yang meninggal dialam kubur,  karna inilah harapan yang ditunggu oleh orang yang meninggal. ( Jo)

Check Also

Harlah Ke-87, GP Ansor Cianjur Gotong Royong Buka Lahan Pertanian

Cianjur – NU Khatulistiwa, Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Cianjur bersama dengan Barisan Ansor …

Tinggalkan Balasan

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com