Home / Ngaji / ​PERKEMBANGAN MANUSIA PRALAHIR

​PERKEMBANGAN MANUSIA PRALAHIR

Dr. Wajidi Sayadi, M.Ag

Wakil Katib Syuriah PWNU Kalbar / Dosen IAIN Pontianak

Sebagai kelanjutan dari pengkajian Tafsir Al-Qur’an di Masjid al-Jamaah Pontianak Jumat malam mengenai Menanamkan Nilai Pendidikan Agama kepada Anak Sejak Dini, maka malam ini membahas perkembangan manusia yang meliputi: Pralahir, Pascalahir, dan Perkembangan Indera Anak. Menanamkan nilai pendidikan terhadap anak perlu disesuaikan dengan masa perkembangannya.
Perkembangan anak pralahir dijelaskan oleh Al-Qur’an surat al-Mu’minun ayat 12-14 melalui 5 fase:

1. Fase an-Nutfah (sperma)

2. Fase al-‘Alaqah (proses pertemuan sperma dan ovum yang membentuk struktur baru  namanya zygote di dalam dinding rahim. Melekat atau menempel di dinding rahim inilah yang disebut ‘Alaqah.

3. Fase al-Mudghah (segumpal daging, mulai masa pembentukan organ-organ atau alat tubuh lainnya).

4. Fase al-‘Izham (tulang belulang dibalut dengan otot-otot. masa pembentukan organ tubuh dengan tulang belulang menuju kesempurnaannya.

5. Fase al-Lahm (masa ini mulai terbentuk hubungan sistem saraf dengan organ-organ dan otot-otot dan jantung juga sudah mulai berdenyut. Masa ini bentuk janin sudah lengkap.

Pada saat inilah, Allah mengutus malaikat meniupkan ruh pada janin serta mencatatkan 4 perkara; rezekinya, ajalnya, amalnya, serta bahagia atau celaka baginya. (HR. Bukhari).
Ketika proses ini sedang berlangsung, nilai-nilai pendidikan agama sudah selayaknya ditanamkan kepadanya oleh kedua orang tuanya dan orang lain, misalnya dengan seringkali memperdengarkan bacaan al-Qur’an, kata-kata yang baik, perilaku yang baik, melihat dan memandang yang baik-baik dan indah. Semuanya akan berpengaruh pada perkembabgan janin.

Subhanallah, Maha Suci kemukjizatan al-Qur’an ini sudah dibuktikan kebenarannya oleh para ilmuwan modern melalui ilmu Embriologi.

Wallahu A’lamu.
Pontianak, 27 Oktober 2017

Check Also

Pergunu Kota Pontianak Sponsori Seruan Pemilu Damai Bersama PC NU dan Banom se-Kota Pontianak

Pontianak – NU Khatulistiwa, Berlangsung di ruang Tahfiz Qur’an Kompleks Pondok Pesantren Darul Faizin Jalan …

Tinggalkan Balasan