Home / Berita / Perkuat Literasi, PMII Sambas Gelar Pelatihan Menulis Opini

Perkuat Literasi, PMII Sambas Gelar Pelatihan Menulis Opini

SAMBAS, NUKHATULISTIWA – Baru sembilan hari diresmikan, Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Sambas langsung menggelar “Pelatihan Penulisan Opini” dengan menghadirkan Dr. Adnan Mahdi, M.S.I. sebagai pelatihnya. Kegiatan ini terkesan dadakan, namun semangat pengurus dan kadernya sangat luar biasa, lebih dari 20 orang yang mengikuti pelatihan tersebut.
Mengawali pelatihannya, Sahabat Adnan Mahdi mengatakan bahwa “siapa saja yang mampu menulis, dia akan dikenal dunia, bahkan dia bisa menguasai dunia”. Melalui dunia tulis-menulis, beliau mengatakan bahwa “dengan menulis, kita bisa ‘abadi’ di dunia ini”.
“Pada dasarnya, menulis Opini sangatlah mudah, cukup menentukan tema, merumuskan judul, membuat paragraf awal, inti, dan penutup, tulis dua atau tiga lembar saja, maka Opini sudah siap dipublikasikan”, ungkap Sahabat Adnan. “Kunci menulis Opini atau menulis lainnya hanyalah MAU. Jika seseorang punya kemauan serius untuk menulis, maka dia akan mampu menulis apapun yang diinginkannya. Salah satu cara untuk memperoleh kemampuan dimaksud adalah melalui pelatihan”, ujarnya.
Setelah mengikuti pelatihan, Uray Fery Sahbana selaku Ketua Umum PC PMII Sambas mengatakan, “ternyata tidak sulit untuk menulis Opini”. Dia berharap, “melalui pelatihan seperti ini, akan banyak kader-kader PMII Sambas yang mampu menjadi menulis handal di kemudian hari”.
Dalam kesempatan yang sama, Sahabat Juliardi selaku koordinator kegiatan mengatakan bahwa “pelatihan seperti ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan setiap malam Kamis, mulai dari pelatihan penulisan Opini, Berita, Critical Review, Khutbah, Makalah, Jurnal, Buku, Skripsi serta lainnya yang diminati dan dibutuhkan oleh kader-kader PMII di Kabupaten Sambas”. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa “untuk pemateri, dia akan mendatangkan alumni-alumni PMII yang kompatibel dalam dunia tulis-menulis”.
Di akhir acara, Sahabat Adnan Mahdi mengajak kader-kader dan alumni PMII Sambas untuk menulis minimal satu Opini tentang apa saja yang aktual, lalu Opini tersebut dikumpulkan dan akan dicetak menjadi buku. Usulan beliau disambut baik oleh para kader yang mengikuti pelatihan, bahkan ada beberapa orang yang sudah menyampaikan judul-judul Opini yang akan mereka tulis.
Kegiatan Pelatihan Penulisan Opini yang dilaksanakan di Sekretariat Gemawan Sambas pada malam Kamis, 15 Maret 2017 ini, berakhir pada pukul 22.00 WIB. (AM)

Check Also

PW JRA Kalbar Gelar Pelatihan Bektogur di Kapuas Hulu

Kapuas Hulu – NU Khatulistiwa, Pengurus Pimpinan Wilayah Jam’iyyah Ruqyah Aswaja Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama …

Tinggalkan Balasan

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com