Home / Berita Daerah / Wagub Bangga dengan IPNU, Ini dia Alasannya

Wagub Bangga dengan IPNU, Ini dia Alasannya

HARLAH IPNU - Pengurus PW IPNU Kalbar berfoto bersama Wagub, Ketua NU Kalbar dan Pengurus PP IPNU saat peringatan Harlah IPNU ke-63 di Rumah Radakng, Pontianak, Jumat (24/2). (Sumber foto: Umar Faruq)
HARLAH IPNU – Pengurus PW IPNU Kalbar berfoto bersama Wagub, Ketua NU Kalbar dan Pengurus PP IPNU saat peringatan Harlah IPNU ke-63 di Rumah Radakng, Pontianak, Jumat (24/2). (Sumber foto: Umar Faruq)

 

PONTIANAK, NUKHATULISTIWA – Wakil Gubernur (Wagub) Kalbar, Christiandy Sanjaya, memuji keberadaan organisasi pelajar, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) yang telah berdiri lama di Indonesia. Hal itu disampaikannya saat acara peringatan Hari Lahir (Harlah) IPNU ke-63 yang diselenggarakan Pimpinan Wilayah (PW) IPNU Kalbar di Rumah Radakng, Pontianak, Jumat (24/2) malam.

“Kita berbangga hati memiliki IPNU, bahkan sudah 63 tahun. Kita tahu dari awal, IPNU berperan sangat besar di negeri ini,” ujarnya kepada NU Khatulistiwa, Jumat (24/2).

Menurutnya, keberadaan IPNU memiliki posisi strategis sebagai wahana kaderisasi pelajar NU sekaligus sebagai alat perjuangan NU dalam menempatkan pemuda sebagai sumber daya insani yang vital di Republik ini.

“Terbukti saat ini dengan berbagai posisi penting dan berkiprah di Republik ini, begitu banyak alumni-alumni dari IPNU,” katanya.

Ia menyampaikan, pemuda hari ini adalah pemimpin di masa mendatang. Demikian yang digambarkan oleh para pelajar NU, di mana sebagai generasi penurus hendaknya memiliki karakter dan moral yang baik untuk membangun bangsa yang lebih maju.

“Dengan adanya IPNU ini kita punya keyakinan, karena doktrinnya sudah jelas. Bagaimana NU membina kalangan mudanya ini, dengan kawalan agama yang kuat dan sebagainya. Ini yang menjadi satu harapan kedepan bangsa kita ini terus maju,” ungkapnya.

Christiandy menilai, IPNU adalah salah satu wadah pelajar yang dapat dijadikan contoh bagi generasi muda lainnya. Di antara peran yang telah dilakukan, IPNU selama ini turut mendorong program pemerintah.

“Misalnya mengatasi berbagai penyakit di masyarakat khususnya di kepemudaan, baik itu narkotika, pornografi, terorisme, dan lain sebagainya, ini menjadi gaung IPNU untuk memberantas itu, itu sudah sangat membantu kita semua,” katanya.

Dalam sambutannya, selain kader IPNU diharapkan dapat berkontribusi besar bagi bangsa ini, Wagub juga berpesan agar warga NU khususnya di Kalbar bisa berpartisipasi dalam menjaga kerukunan di daerah ini.

Untuk itu, ia meminta agar masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan segala macam bentuk potensi perpecahan. Bijak dalam menggunakan media sosial, seperti menolak berbagai informasi yang mengandung unsur kebencian.

“Saya juga meminta masyarakat Kalbar khususnya warga NU untuk menjaga ketertiban dan keamanan daerah, sehingga tercipta suasana yang damai, aman dan kondusif,” pintanya.

Hal senada dikatakan Ketua Tanfidz PW NU Kalbar, Hildi Hamid. Ia mengaku bangga kepada kader IPNU Kalbar. Dan berharap para pelajar NU dapat terus menjaga perilaku positif yang selama ini dibangun.

Dikatakannya, sikap menjunjung tinggi nilai toleransi, sejatinya sejak dulu telah diterapkan oleh para ulama NU. Toleransi itulah yang menjaga Indonesia tetap satu meski berbeda agama, suku dan pandangan di negara ini. “Maka dari itu, ini harus tetap dijaga,” tuturnya.

Peringatan Harlah IPNU ke-63 di Kalbar, mengusung tema Meneguhkan Peran Pelajar dan  Santri dalam Memperkokoh NKRI. Acara tersebut dihadiri juga oleh Pimpinan Pusat IPNU dan Kabid Pemuda Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kalbar.

Berbagai rangkaian kegiatan dilaksanakan, mulai dari tanggal 22 sampai 27 Februari.

Rangkaian kegiatan di antaranya lomba hadrah, lomba foto selfie, Pelatihan Kader Utama (Lakut) di Pondok Pesantren Darul Faizin, dan lain sebagainya,” sebut Ketua PW IPNU Kalbar, Muhammad Amin. (cil)

Check Also

Rais Syuriyah PWNU Kalbar Hadiri Pelantikan IPNU dan IPPNU Kabupaten Ketapang

Ketapang – NU Khatulistiwa, Pimpinan Cabang IPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama) dan IPPNU (Ikatan Pelajar …

Tinggalkan Balasan