Home / Opini / Delapan Strategi Perubahan Perspektif Hassan Hanafi

Delapan Strategi Perubahan Perspektif Hassan Hanafi

15825820_10206513055025164_2863801163167106533_n

Alhamdulillah sempat bersama Prof. Dr. Hassan Hanafi Guru Besar Filsafat Islam Universitas Kairo Mesir ketika berkunjung ke rumahnya di Nasr City Kairo Mesir. Beliau seorang cendikiawan Muslim internasional pelopor pemikiran Islam yang produktif menghasilkan banyak karya khususnya proyek at-Turats wa at-Tajdid (Tradisi Klasik dan Pembaruan Modernisasi).
Salah satu lantai rumahnya adalah perpustakaan sekaligus ruang perkuliahan. Di antara pokok-pokok pemikirannya adalah Delapan Strategi Perubahan bagi Umat Islam menyikapi perkembangan dunia modern kontemporer:
1) dari Tuhan (Allah) ke Bumi. Keyakinan adanya Tuhan (Allah) harus diimplementasikan dalam dunia kerja mengelola bumi sebagai sumber kehidupan.
2) dari Keabadian ke Waktu. Orientasi hidup keabadian di akhirat harus diiringi dengan manajemen waktu dan disiplin hidup dalam bekerja.
3) dari Takdir ke Kehendak Bebas untuk hidup lebih produktif.
4) dari Otoritas Wahyu ke Akal.
5) dari Teori ke Tindakan Praktek. Tindakan perbuatan yang baik itulah manifestasi Iman. Tindakan yang benar didasarkan pada teori yang salah adalah lebih baik daripada teori yang benar tanpa tindakan praktek.
6) dari Kepemimpinan Kharisma ke Partisipasi Massa.
7. dari Jiwa ke Tubuh. Orientasi ke depan persoalan mengatasi tantangan kelaparan, kekeringan, perumahan, transportasi, dan kemakmuran kesejahteraan umat Islam.
8) dari Eskatologi ke Futurologi. Kita harus mempersiapkan diri untuk masa depan yang lebih baik dan membuat dunia ini menjadi dunia yang sebaik-baiknya.

Inilah tawaran model rekonstruksi pemikiran Islam oleh Prof. Hassan Hanafi.
Semoga memberi manfaat inspirasi dan motivasi.

Pontianak, 2 Januari 2017.

 

Facebook Dr. Wajidi Sayadi, MA

Check Also

INGGRIS, ISRAEL DAN HIZBUT TAHRIR

Oleh Ayik Heriansyah Bulan Rajab bulan duka lara para penggila Khilafah dari kelompok Hizbut Tahrir. …

Tinggalkan Balasan