Home / Badan Otonom / Kementerian Agama dan Lembaga Pendidikan Ma’arif Bersinergi Support Madrasah Maju

Kementerian Agama dan Lembaga Pendidikan Ma’arif Bersinergi Support Madrasah Maju

Pontianak, – NU Khatulistiwa, Dalam rangka mendorong kemajuan sekolah dan madrasah Nahdlatul Ulama (NU) di Kota Pontianak, dilakukan pembinaan bagi sekolah dan madrasah yang dinaungi oleh Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LP. Ma’arif NU) di Kota Pontianak. Ada 4 (empat) sekolah dan madrasah yang dimiliki langsung oleh LP. Ma’arif NU Kota Pontianak yaitu MINU II, MINU III, Mts Al-Ma’arif, dan SMP Al-Ma’arif. Iat ini dilakukan pada Kamis, 14 Juli 2022, bertempat di MINU II, beralamat dijalan Imam Bonjol, gang Bansir 2 Kota Pontianak.

Kegiatan pembinaan dihadiri oleh Sekretaris Wilayah LP. Ma’arif NU Kalimantan Barat yaitu Didi Darmadi, S.Pd.I, M.Lett, M.Pd, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat, Mad Rais, S.Pd, S.Ag, Ketua NU Kota Pontianak Drs. H. Ahmad Faruki, M.Pd, Pengurus Lp. Ma’arif Kota Pontianak, Kepala dan dewan guru sekolah/madrasah LP. Ma’arif NU se kota Pontianak.

Muhammad Anwar Rubei, M.Pd selaku Ketua I LP. Ma’arif NU Kota Pontianak menyampaikan Kegiatan pembinaan ini juga dirangkai dengan serah terima pergantian Kepala Madrasah MINU 2 dan pergantian Kepala Sekolah SMP Al-Ma’arif Kota Pontianak. Pembinaan dilakukan kepada dewan guru, baik PNS, PPPK maupun yang honor yayasan oleh PW LP Ma’arif NU Kalbar, PCNU Kota Pontianak, dan Kasi Penmad Kemenag Kota Pontianak.

Didi Darmadi menyampaikan bahwa LP. Ma’arif NU Kalbar selalu mensupport sekolah dan madrasah dibawah naungan NU Kalimantan Barat, dengan membangun jaringan dan program beasiswa.

“Kami berusaha maksimal mencari jaringan untuk diajak kerjasama dengan sekolah dan madrasah NU. Kami juga bahkan punya program beasiswa dan turun langsung menyalurkan bantuan bagi murid-murid yang kurang mampu dan bagi siswa-siswi yang berprestasi. Kegiatan nasional juga ada banyak kedepannya, wajib kita ikuti. Beberapa waktu lalu Ma’arif NU mendapat wakaf tanah seluas 4,5 ha ini tentu bentuk dukungan masyarakat kepada lembaga pendidikan NU”, ujarnya.

Ahmad Faruki juga menyampaikan bahwa NU Kota Pontianak juga berusaha maksimal untuk memajukan sekolah dan madrasah Ma’arif. “Pembinaan dan mutasi seperti ini hal yang biasa, tentu tujuan yang ingin kami capai adalah untuk penyegaran dan kemajuan sekolah dan madrasah kita. Kami juga sudah membebaskan lahan di MTs Ma’arif dan MINU III di Jeruju, yang mudah-mudahan ke depan bisa kita lakukan lebih luas lagi, demi kemajuan madrasah NU”, ujar beliau.

Mad Rais, S.Pd, S.Ag selaku Kasi Penmad Kemenag Kota Pontianak mengingatkan agar Kepala Madrasah dan guru-guru selalu bekerja secara baik dan inovatif. Hal ini beliau sampaikan ketika memberikan pembinaan kepada Kepala Madrasah dan guru-guru PNS dan PPPK serta guru-guru honor yayasan dilingkungan LP. Ma’arif NU Kota Pontianak.

“Saya ucapkan selamat kepada Kepala Madrasah MINU II yang baru bapak M Thaha, M.Pd, dan terima kasih kepada ibu Ilya, M.Pd yang sudah mengabdi membesarkan MINU II. Saya harapkan para Kepala Madrasah terus melakukan inovasi dan bekerja secara keras tapi murah senyum dan harus kreatif untuk memajukan MINU II, MINU III, MTs Al-Ma’arif. Kepada para dewan guru juga harus menegakkan disiplin dan bisa menjadi teladan bagi murid-muridnya, sehingga madrasah ini bisa semakin berkembang dengan penuh prestasi, bahkan menjadi madrasah unggul. Kami akan selalu mendorong agar madrasah di Kota Pontianak semakin maju, namun kami juga perlu kerjasama dari para pihak terutama Kepala Madrasah, Komite Madrasah, Yayasan, demi untuk generasi bangsa yang terdidik, berprestasi dan berakhlak mulia”, ujar beliau mengakhiri pembinaannya. (Sri Wahyuni)

Check Also

Atraksi Menegangkan Warnai UTA Pagar Nusa Sekadau

SEKADAU – NU Khatulistiwa, kenal lelah dan tak kenal henti Pimpinan Cabang Pencak Silat Pagar …

Tinggalkan Balasan