Home / Opini / Welcome Ibu Kota Baru, Welcome Semangat Baru

Welcome Ibu Kota Baru, Welcome Semangat Baru

Pipit Widiatmaka, S. Pd., M. Sc

Dosen IAIN Pontianak

Perpindahan ibu kota memang bukan sesuatu yang baru, beberapa negara di dunia pernah memindahkan ibu kota negara, dari satu kota ke kota yang lainnya, seperti Amerika Serikat yang awalnya ibu kota negara di New York dipindahkan ke Washington DC, sehingga kota New York menjadi pusat bisnis, sedangkan Washington DC menjadi pusat pemerintah, selian itu negara Australia dan negara Turki juga pernah memindahkan ibu kota negara untuk meminimalisir permaslahan yang ada di negara tersebut, dan ternyata melalui perpindahan ibu kota negara tersebut perkembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di negara tersebut menjadi meningkat. Berdasarkan pengalaman perpindahan ibu kota negara di beberapa negara tersebut, masyarakat Indonesia memiliki harapan yang besar terkait perpindahan ibu kota negara Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur yang direncanakan akan diberi nama Nusantara.

Salah satu tujuan perpindahan ibu kota negara tersebut, yaitu pemerintah ingin memisahkan antara pusat bisnis dengan pusat pemerintahan, yang sebelumnya pusat bisnis sekaligus pusat pemerintahan berada di Jakarta sehingga permasalahan di Jakarta dapat diminimalisir, seperti banjir, kemacetan, dapat diminimalisir.

Apabila dilihat dari aspek pembangunan infrastruktur, sangat menguntungkan masyarakat Indonesia khususnya di Kalimantan Timur, yang awalnya pemerintah berpusat di pulau Jawa, sekarang tidak hanya di pulau Jawa saja, melainkan di seluruh pulau yang berada di Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya di pulau Kalimantan.

Pada dasarnya melalui pemindahan ibu kota negara Indonesia, pemerataan pembangunan infrastruktur sedang digalahkan oleh pemerintah Indonesia demi mewujudkan kesejahteraan masayrakat Indonesia. Di sisi lain, keuntungan yang dapat diambil dari pemindahan ibu kota negara tersebut, tidak hanya terkait pembangunan infrastruktur saja melainkan dari aspek pendidikan, kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan lain sebagainya.

Sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki semangat dan keoptimisan yang tinggi untuk kemajuan bangsa Indonesia, meskipun mengeluarkan anggaran dari APBN yang sangat besar terkait perpindahan ibu kota negara tersebut. Di sisi lain, hal tersebut dapat mengurangi pengangguran dan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya yang berada di pulau Kalimantan. Apabila melihat dari aspek kehidupan sosial budaya masyarakat Kalimantan Timur, perpindahan ibu kota negara tersebut dapat menurunkan tingkat kriminalitas, karena keterserapan tenaga kerja sehingga kehidupan sosial budaya lebih nyaman dan keakraban kehidupan antar etnis dapat terjaga dan terawat dengan baik. Keuntungan yang diperoleh selain itu, yaitu mobilitas masyarakat Indonesia tidak hanya berpusat di pulau jawa saja, melainkan dapat menyebar ke seluruh Indonesia khususnya di pulau Kalimantan sehingga perputaran ekonomi dapat merata sehingga kesejahteraan masyarkat akan meningkat.

Ibu kota baru negara Indonesia menjadi penyemangat dan keoptimisan masyarakat Indonesia untuk menatap masa depan yang lebih cerah, sehingga melalui perpindahan tersebut diharapkan kesejahteraan masyarakat Indonesia meningkat dan tujuan nasional dapat tercapai dengan maksimal.

 Hormat Saya,

Check Also

Moderasi & Komplek Antarbudaya

Oleh: Prof.Dr.Ibrahim, MA Ketua LTN PWNU Kalbar Dua hal yang penting saya jelaskan terkait dengan …

Tinggalkan Balasan