Home / Berita / MAN 1 Mempawah – IAIN Pontianak Inisiasi Club Literasi

MAN 1 Mempawah – IAIN Pontianak Inisiasi Club Literasi

Mempawah – NU Khatulistiwa, Pentingnya literasi saat ini menggugaah 3 orang mahasiswa IAIN Pontianak menginisiasi Club Literasi di lingkungan Madrasah Aliyah Negeri 1 Mempawah yang di launching oleh kepala sekolah MAN 1 Mempawah secara virtual (06/09).

Club ini diprakarsai oleh tiga nama mahasiswa IAIN Pontianak yani Husnaini, Nursieh dan Dynda Shafiyah Azzahra yang berasal dari program studi yang berbeda.

Kegiatan kali ini yang merupakan kegiatan launching Club Literasi sekaligus Pelatihan Kepenulisan yang menghadirkan pemateri ya handal di bidangnya, sebagai penulis berbagai buku serta Ketua club menulis di IAIN Pontianak tahun 2019 – 2020.

Kegiatan launching Club Literasi dan Pelatihan ke penulisan ini dihadiri langsung oleh kepala sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Mempawah, Pak Misran, S. Pd. I. Saripaini, S. Sos selaku pemateri, Alumni MAN 1 Mempawah tahun 2014, Farninda Aditya dan Fathaniah serta sekitar 40 orang siswa siswi Madrasah Aliyah Negeri MAN 1 Mempawah.

Club Literasi dibentuk dalam rangka sebagai wadah bagi siswa Madrasah Aliyah Negeri dalam mengembangkan potensinya dalam bidang kepenulisan. Sebagaimana penyampaian Nursieh selaku perwakilan dari 3 Mahasiswa IAIN Pontianak.
” Iya. Club Literasi kami bentuk berasal dari hobi menulis. Saya merasa terpanggil untuk mengajak siswa/i Madrasah Aliyah (MAN) 1 Mempawah yang berpotensi dalam bidang kepenulisan untuk sama-sama mengembangkan potensi tersebut hingga nantinya akan menghasilkan karya-karya yang outputnya berupa buku. Selain itu pula Club Literasi dibentuk sebagai wadah bagi mereka yang ingin dan baru akan belajar menulis maka akan di bimbing di club menulis ini ” ujar Nursieh.

Ucapan terimakasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya juga dari Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Mempawah didapatkan. Sebagaimana dalam sambutannya Pak Misran menyampaikan ” saya sangat mengapresiasi melihat baik mahasiswa iain pontianak ini dan saya mengucapkan terima kasih banyak kepada mahasiswa yang telah membentuk Club Literasi ini untuk siswa – siswi MAN 1 Mempawah. Harapan saya dengan ini mampu meningkatkan minat baca dan menulis siswa-siswi MAN. Semoga menghasilkan karya-karya yang bermanfaat ke depannga. Selain itu pula saya berharap nantinya mahasiswa IAIN ini tidak hanya membentuk Club Literasi saja, namun juga ikut mendampingi club ini. Dan harapan beliau kepada siswa-siswinya untuk terus belajar tidak hanya di Madrasah Aliyah tapi terus menerus belajar hingga ke jenjang yang tinggi” Pungkas beliau.
Selanjutnya beliau menandatangani dan memberikan cap stempel MAN 1 Mempawah di pamflet cetak yang bergambar logo Club Literasi sebagai bentuk resminya Launching Club Literasi MAN 1 Mempawah.

Dalam penyampaiannya Saripaini mengatakan bahwa menulis itu sebenarnya bukan tentang bakat tapi tentang kemauan. Semua orang bisa menulis dengan baik jika dalam dirinya mau terus menulis. Menulis tidak harus menunggu tulisan bagus, tapi belajar, belajar dan terus belajar. Selain itu pula beliau menyampaikan beberapa jenis tulisan yakni narasi, deskripsi, dan argumentasi. Hal terakhir yang sangat beliau tekankan bahwa menulis jangan jadikan beban tapi kesenangan.

Kegiatan berlangsung lancar hingga selesai. (Nursieh)

Check Also

Masjid al-Ihsan Pontianak Gelar Sunatan Masal Gratis Bagi Anak Dhu’afa

Pontianak – NU Khatulistiwa. Masjid al-Ihsan yang berlokasi di Jl. Ujung Pandang, Kelurahan Sungai Jawi, …

Tinggalkan Balasan

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com