Home / Badan Otonom / Pergunu Kalimantan Barat Adakan FGD tentang SKB 3 Menteri

Pergunu Kalimantan Barat Adakan FGD tentang SKB 3 Menteri

PONTIANAK – NU Khatulistiwa, Secara virtual, diprakarsai oleh Pimpinan Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PW Pergunu) Kalimantan Barat pada hari Sabtu (06/02) berlangding diskusi secara virtual yang dihadiri oleh PC Pergunu se-Kalimantan Barat.

Acara diawali sambutan Ketua PW Pergunu Kalimantan Barat yang juga wakil rektor UNU Kalimantan Barat ini memfokuskan kajiannya pada Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri yang banyak mendapatkan respon dari berbagai kalangan khususnya kalangan akademik. Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri ini dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama dengan Nomor 02/KB/2021, Nomor 025-199 Tahun 2021, dan Nomor 219 Tahun 2021 tentang penggunaan pakaian seragam dan atribut bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.

Sebagai organisasi keguruan, dikeluarkannya SKB ini ternyata tidak hanya direspon oleh PW Pergunu Kalimantan Barat tapi hingga ke PP Pergunu. Menurut Wakil Sekretaris PP Pergunu Achmad Zuhri, SKB yang dikeluarkan ini harusnya mengakomodasi kearifan lokal setiap daerah. Karena setiap daerah menurutnya memiliki kekhasan dalam hal budaya dan norma sosial masing-masing sehingga tidak bisa diseragamkan dalam setiap wilayahnya sebagaimana dikutip di www.nu.or.id.

Ketua PW Pergunu Kalimantan Barat, Jasmin Haris, M. Pd memperkuat statemen PP Pergunu bahwa SKB yang ada hendaknya tetap mengakomodir kearifan lokal mungkin dengan adanya seragam daerah baik untuk kabupaten/kota atau provinsi. Bukankah kearifan lokal yang ditata dengan baik adalah menjadi kekuatan yang menunjukkan heterogennya negeri ini namun tetap dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).* (red)

Check Also

Kepemimpinan Pembelajaran

Oleh: Sholihin, HZ, M.Pd Ketua PC Pergunu Kota Pontianak Sebagai top leader dan decision maker …

Tinggalkan Balasan

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com