Home / Badan Otonom / Ketua PC Pergunu Kota Pontianak Berikan Materi Kaderisasi

Ketua PC Pergunu Kota Pontianak Berikan Materi Kaderisasi

Pontianak-NU Khatulistiwa, Bertempat di Pondok Pesantren Darul Faizin Kota Pontianak, berlangsung kegiatan pengkaderisasian yang dilaksanakan oleh Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Universitas Tanjung Pura Pontianak, Sabtu, 30/1.

Kegiatan yang berlangsung sejak 28 Januari 2021 ini diikuti lebih kurang 50 orang mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi diantaranya dari Untan, IAIN Pontianak dan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalimantan barat.

Progtram pengkaderisasian ini menghadirkan narasumber dari berbagai disiplin ilmu. Ketua PC Pergunu Kota Pontianak, Sholihin HZ yang juga merupakan kader PMII di era 90-an memberikan materi tentang PMII dan Peta Gerarkan Organisasi Islam.

Dalam presentasinya, Sholihin HZ menyampaikan bahwa munculnya berbagai organisasi Islam pasca reformasi 1998 ini dapat dilihat sebagai respon dari situasi dan kondisi perpolitikan di tanah air. ‘Banyaknya persoalan di negeri ini seperti korupsi, equality before the law dan sebagainya ini menyebabkan munculnya respon beragam dari berbagai aktivis dan organisasi Islam. Letak persoalannya bukan pada masalah ini tapi lebih pada tawaran solusi yang diberikan, sebagai contoh ada yang mengkritisi dengan cara konstruktif namun tetap dalam bingkai NKRI. Untuk kelompok ini dua organisasi besar yakni Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah menjadi penguat bingkai NKRI. Namun ada juga tawaran yang hingga menyangkut hal substansi yakni dengan tawaran sistem pemerintahan selain yang dianut sekarang. Dampaknya adalah keberadaan organisasi ini cenderung bukan lagi merespon secara santun persoalan yang ada tapi sudah menyentuh pada pijakan dasar berbangsa dan bernegara. Disinilah letak tampilan wajah organisasi yang bisa kita lihat. Nahdlatul Ulama dengan seluruh lembaga dan banomnya menempatkan diri pada posisi tawassuth, tawazzun dan tasammuh dalam berbangsa dan bernegara.’ demikian ujar pemateri yang rajin menulis ini.* (red)

Check Also

Kepemimpinan Pembelajaran

Oleh: Sholihin, HZ, M.Pd Ketua PC Pergunu Kota Pontianak Sebagai top leader dan decision maker …

Tinggalkan Balasan

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com