Home / Badan Otonom / Harlah Pagar Nusa Ke-35, Ketua Pagar Nusa Sekadau Ajak Perkuat Silaturahmi.

Harlah Pagar Nusa Ke-35, Ketua Pagar Nusa Sekadau Ajak Perkuat Silaturahmi.

Sekadau – NU Khatulistiwa, Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Sekadau memperungati hari lahirnya PSNU ke-35 denga memperkuat silaturahmi pada Senin, 4 Januari 2021 .

Ketua PSNU Pagar Nusa Sekadau Ade Ari berharap bahwa dengan harlah ke 35 ini PSNU Pagar Nusa terus dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan.

“Di Harlah ke-35 ini kita tingkatkan persatuan dan kesatuan untuk terwujudnya soliditas sesama pendekar Pagar Nusa dari berbagai aliran pencak silat yang tergabung dalam PSNU Pagar Nusa,” ungkapnya

Ketua Pagar Nusa Sekadau Ade juga mengatakan dengan merabahnya pandemi Covid-19 di seluruh dunia tak terkecuali di Sekadau harlah untuk memperkokoh Silaturahmi akan di selanggarakan malam ini.

“Di PP Pagar Nusa sudah melaksanakan tasyakuran harlah Pagar Nusa pada 3 Januari 2021 malam tadi secra virtual, kami di Sekadau juga akan menggelar tasyakuran potong tumpeng Secara Virtual dan ceremony dilakukan di Sekretariat Pagar Nusa yakni di lantai 2 Sekretariat NU Sekadau dengan disertai doa bersama dan doa bersama untuk bangsa,” ungkapnya .

Ade juga mengatakan bahwa pendekar Pagar Nusa di latih untuk belajar pencak silat agar untuk bela diri serta menjaga tradisi kebudayaan bangs Indonesia.

“Pencak silat merupakan tradisi masyarakat di Nusantara yang harus dilestarikan, kader Pagar Nusa harus menjaga keseimbangan tradisi dan prestsi untuk mengembangkan pencak silat tersebut,” ucapnya

“Pencak silat Pagar Nusa di dirikan oleh KH. Ma’sum Jauhari ketika itu untuk menggunakan bela diri untuk membela diri, keluarga, masyarakat, agama dan bangsa, bukan untuk gagah-gagahan, manfaatkan ilmu yang kita dapat untuk hal yang manfaat serta memberi maslahat untuk orang banyak itu pesan guru kuta KH. Ma’sum Jauhari,” sambungnya.

Pagar Nusa sendiri menurut situs resmi Nahdlatul Ulama terbentuk di Lirboyo 35 silam di prakarsai oleh KH. Ma’sum Jauhari karena keperihatinan terhadap surutnya seni bela diri pencak silat, yang mana pencak silat merupakan tradisi leluhur bangsa Indonesia.

Adapun nama Pagar Nusa merupakan kepanjangan dari Pagar NU dan Bangsa .(Adi)

Check Also

Banser Menjadi Motor Penggerak Aksi Penggalangan Dana Peduli Bencana Gabungan Banom NU Melawi

MELAWI – NU Khatulistiwa, Bencana alam yang beberapa waktu terakhir ini melanda sebagian tanah air …

Tinggalkan Balasan

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com