Home / Berita / Covid-19 Tidak Menghalangi MTs Ma’arif Kapuas Hulu Kalimantan Untuk Melaksanakan Masa Ta’aruf Siswa

Covid-19 Tidak Menghalangi MTs Ma’arif Kapuas Hulu Kalimantan Untuk Melaksanakan Masa Ta’aruf Siswa

Kapuas Hulu. NU-Khatulistiwa. Kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) MTs. Ma’arif NU Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat tahun Pelajaran 2020/2021 baru saja dilaksanakan Secara Virtual dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting, yang dilaksanakan pada tanggal 13 sampai dengan 15 Juli 2020, dan diikuti oleh 54 orang Siswa/i yang berasal dari beberapa SD dan MI yang berada di Kecamatan Putussibau Selatan, Kecamatan Putussibau Utara, Kecamatan Kalis dan Mentebah.

Kegiatan Matsama tersebut dilakukan karena sudah menjadi program Madrasah dengan mengacu pada Edaran dari Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Barat Tentang Pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun 2020,tanggal 25 Juni 2020,  dan hasil rapat Dewan Guru MTs. Ma’arif NU Kapuas Hulu, tanggal 4 Juli 2020 tentang pembentukan  Kepanitiaan MATSAMA MTs. Ma’arif NU Kapuas Hulu tahun 2020 di masa Covid-19.  

Adapun Kegiatan mengacu kepada materi-materi dari panduan Pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) tahun Pelajaran 2020/2021 yang dikeluarkan oleh Kementrian agama, ditambah dengan materi Ke-Nu-an dan kemadrasahan. Dan Pematerinya merupakan pengurus PCNU Kapuas Hulu dan guru-guru Mts Maarif Kapuas Hulu.

kegiatan Pembukaan MATSAMA dibuka langsung oleh Ketua PCNU Kabupaten Kapuas Hulu, yaitu H.Mohammad Yusuf, S.Ag secara Virtual. Dalam sambutannya Beliau memberikan dukungan, semangat dan motivasi kepada pihak Madrasah demi kemajuan pada masa yang akan datang, serta ajakan untuk mengamalkan ajaran Islam Sunnah Wal jamaah terutama kegiatan Sholat lima waktu khususnya kepada para Siswa siswi yang mengikuti kegiatan MATSAMA tersebut.

“Saya mendukung siswa siswi maupun guru madrasah agar semangat, Adapun Tujuan Kegiatan tersebut adalah 1) Mengenalkan kepada para Siswa siswi tentang keadaan Madrasah, Tata tertib Madrasah, Sejarah, Nahdlatul Ulama, Ma’arif NU, dan para pengelola Madrasah, 2) Menumbuhkan karakter Ahlussunnah Wal jama’ah dalam menumbuhkan akhlaq yang mulia, 3) menumbuhkan kreativitas, inovasi, dan semangat belajar di MTs. Ma’arif NU Kapuas Hulu, 4) membentuk karakter Cinta kepada Bangsa dan Negara dalam wadah NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945”. Jelasnya.

Pada Acara pembukaan peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya, Syubanul Wathom dan Mars Ma’arif, selanjutnya diperkuat dengan pendalaman materi Pancasila dan kewarganegaraan , ini menunjukan Mts. Ma’arif Kapuas Hulu, tetap selalu mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI) dan Pancasila Sebagai Dasar Negara, dan menanamkan nilai-nilainya pada siswa dan siswinya.

Pelaksanaan Kegiatan ini melibatkan orang Tua siswa, para Guru, Pengurus Cabang NU Kabupaten, para pengurus LP. Ma’arif Cabang Kapuas Hulu, dan sangat terinspirasi dari kegiatan Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) yang dilaksanakan oleh Pengurus Besar LP. Ma’arif pusat pada tanggal 18 juni 2020, secara zoom Virtual yang dihadiri oleh Kepala Madrasah/Sekolah Ma’arif se Indonesia.

MTs. Ma’arif NU Kapuas Hulu merupakan MTs. Ma’arif yang ditunjuk oleh LP. Ma’arif Wilayah Kalimantan Barat untuk mengikuti Kegiatan Pelatihan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Hal ini diharapkan ilmu yang didapat pada Kegiatan PJJ tersebut langsung diterapkan pada Guru guru di Madrasah yang ada di daerahnya.  (Sahardi/Maulida)

Check Also

PMII Rayon Syariah dan Rayon Syekh Mahfud At-Tirmasi Berkolaborasi Adakan MAPABA

Pontianak . NU-Khatulistiwa. Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Syariah dan Rayon Syekh Mahfud At-Tirmasi …

Tinggalkan Balasan

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com