fbpx
Home / Berita / Santri Kabupaten Ketapang Kalbar Mulai Masuk Kembali 15 Juni 2020. PCNU Ketapang Siap Memfasilitasi Surat Keterangan Bebas Covid

Santri Kabupaten Ketapang Kalbar Mulai Masuk Kembali 15 Juni 2020. PCNU Ketapang Siap Memfasilitasi Surat Keterangan Bebas Covid

Ketapang – Rapat terbatas Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Ketapang, sepekan lalu (1/6), namun baru baru ini terupdate menghasilkan beberapa keputusan penting, antara lain berkaitan dengan kesepakatan mulai tanggal masuknya para santri pondok pesantren di Kabupaten Ketapang di tahun ajaran baru 2020/2021. (9/6/2020)

Rapat yang dilaksanakan di Sekretariat PCNU Kabupaten Ketapang ini, dihadiri oleh Rais Syuriyah KH. Moh. Faisol Maksum dan beberapa wakil Rais, diantaranya Kyai Faruk Adzra’ie, KH. Abdullah Al-Faqir, Syech Muhammad Quddus, Kyai Fakhruddin.

Sementara unsur Tanfidziah, turut hadir H. Satuki Huddin, H. Muhammad Zulkarnain sebagai Sekretaris, H. Uti Aliansyah Bedahara, beberapa wakil ketua dan wakil sekretaris, Ketua Lembaga dan Ketua GP. Ansor Ketapang.

Disepakati dalam rapat tersebut, bahwa bagi pondok pesantren yang ada di Kabupaten Ketapang, seluruh santri masuk kembali pada tanggal 15 Juni 2020. Kesepakatan itu ditetapkan setelah memperhatikan berbagai alasan dan masukan peserta rapat, terutama dari pengasuh atau pimpinan pondok pesantren yang turut hadir di rapat terbatas PCNU Ketapang.

Hadir sebagai perwakilan pondok pesantren yang juga sebagai pengurus NU Ketapang, yaitu, Kyai Faruk Adzra’ie Pengasuh Pondok Pesantren Al-Baitul Atieq, KH. Abdullah Al-Faqir Pengasuh Pondok Pesantren. Mambaul Khairat dan Syekh Muhammad Quddus Pengasuh Pondok Pesantren Darul Fadhilah.

Menurut Ketua PCNU Ketapang, Drs. H. Satuki Huddin, M.Si beberapa alasan yang mendasar, kenapa pondok pesantren ditetapkan pada tanggal 15 Juni 2020 untuk masuk kembali, nanti akan disampaikan selengkapnya kepada Pemerintah Daerah Ketapang.

“Insyaallah, dalam waktu dekat ini, besok atau lusa, PCNU Ketapang akan menghadap Bupati atau Sekda Ketapang, untuk menyampaikan hasil keputusan masuknya kembali santri pondok pesantren di Kabupaten Ketapang.” Ujarnya.

Menurut Satuki, Keputusan sudah di ambil, hanya nantinya meminta arahan beliau, mengingat kondisi daerah Ketapang berkaitan dengan Covid-19 belum normal. Walau saat ini pemerintah akan memberlakukan new normal, namun kita tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Tentu dengan pertemuan itu PCNU Ketapang berharap Pemerintah Daerah Ketapang bisa membantu dengan mengeluarkan kebijakan yang berpihak kepada pondok pesantren dalam upaya memberikan rasa aman, terutama masalah kesehatan.

Kebijakan diharapkan yakni, Pemda bisa mempasilitasi hal-hal yang berkaitan dengan apa yang menjadi kebutuhan di pondok pesantren. seperti selalu dicek, dicontrol, kalau ada santri cepat diperiksa.

“Selanjutnya hasil keputusan rapat dan hasil audensi nanti akan kita disampaikan kepada seluruh pondok pesantren yang tersebar di Kabupaten Ketapang.” Pungkas Satuki.

Menindak lanjuti kepulangan santri, terkait diberlakukannya Surat Keterangan Bebas Covid-19 bagi para seluruh penumpang alat transportasi, baik darat, laut maupun udara yang akan berpergian jauh, juga akan berlaku bagi seluruh santri yang akan kembali ke pondoknya.

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Ketapang akan memfasilitasi pengajuan surat keterangan itu bagi seluruh santri yang akan kembali kepondoknya, baik yang mondok di pulau Jawa atau di daerah lainnya.

Satuki meminta kepada seluruh orang tua atau wali agar mendaftarkan anaknya yang akan berangkat untuk kembali ke pondoknya. Nanti ia akan ajukan ke Pemda Ketapang atau instansi terkait agar bisa membantu.

“Bantuan itu kita berharap pula agar bisa membebaskan biaya pembuatan surat keterangan bebas Covid-19 khusus bagi santri asal Kabupaten Ketapang yang akan kembali.” Ujar Satuki.

Menurut Satuki, data santri yang akan kembali ke pondok biar bisa dipastikan jumlahnya keseluruhan santri. Untuk itu dirinya meminta agar menyampaikan nama, tempat tanggal lahir, Jenis kelamin, alamat lengkap, pondok pesantren dan nomor HP.

“Silahkan menghubungi kami pengurus NU Ketapang, kontak person Ust. H. Muhammad Zulkarnain, Sekretaris PCNU Ketapang dan Rahmad Ridho’ie bagian kesekretariatan. Secepatnya data itu diterima agar segera bisa kami usulkan.” Pinta Satuki. (Anuk/Maulida)

Check Also

PC NU Kota Pontianak Gadeng Pemerintah Kota Adakan Rapid Tes Geratis Untuk Santri Yang Akan Kembali Ke Pondok Pesantren Luar Provinsi

Pontianak – NU Khatulistiwa. Dalam rangka memudahkan kepulangan santri asal Pontianak yang akan kembali ke …

Tinggalkan Balasan

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com