Home / Badan Otonom / PC IPPNU Kubu Raya Gelar Pelatihan Administrasi

PC IPPNU Kubu Raya Gelar Pelatihan Administrasi

KUBU RAYA – NU Khatulistiwa, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kubu Raya gelar haul gusdur ke-10 sekaligus pelatihan administrasi dipenghujung tahun 2019, di Aula SMK Citra Borneo, Jl. Trans Kalimantan, Sungai Ambawang Kuala, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya pada Ahad (29/12).

Acara tersebut di hadiri oleh salah satu pengurus Pimpinan Pusat (PP) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) yakni rekanita Deviani, S.Pd sedangkan peserta pelatihan administrasi sendiri dihadiri oleh perwakilan setiap Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) dan Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) se Kubu Raya, seperti perwakilan PAC IPPNU Sungai Raya, PAC IPPNU Kuala Mandor B dan PAC IPPNU Sungai Kakap.

Acara dipenghujung tahun tersebut dimulai dengan pembukaan sekaligus haul Gusdur ke-10 dengan membaca surah Yaasin yang dipimpin oleh Mohammad serta pembacaan salawat nariah sebanyak 100 kali.

Dalam sambutannya ketua panitia rekanita Iin zabaniah mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta, karena telah hadir dan mengikuti acara tersebut “saya selaku ketua panitia acara mengucapkan terimakasih karena rekanita mau hadir dalam acara ini, meskipun hari ini hari libur tapi kalian tetap semangat dalam mengikuti pelatihan ini dan saya harap setelah pelatihan ini kita bisa mengambil pelajaran untuk kedepannya dalam bidang administrasi organisasi, jadi saya harap rekanita mendengarkan baik-baik apa yang disampaikan pemateri nanti. Tidak luput juga saya selaku ketua panitia meminta maaf jika terdapat kekurangan, inilah yang bisa kami lakukan sebagai manusia biasa yang tidak sempurna” jelasnya.

Khomsiaturrahmah ketua Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kubu Raya juga berharap dalam pelatihan tersebut peserta bisa belajar tentang administrasi dengan baik “alhamdulillah acara ini bisa terlaksana yang mana agenda ini sebenarnya sudah dibicarakan dua bulan yang lalu namun terlaksananya baru sekarang karena ada beberapa pertimbangan, tapi tidak masalah karena dengan begitu kita bisa menyatukan kedua acara ini yakni haul gusdur ke-10 sekaligus pelatihan administrasi, jadi agenda ini kita jadikan satu sebagai acara penutup ditahun 2019” ujarnya.

Setelah itu acara tersebut dilanjutkan dengan pelatihan administrasi. Untuk materi pertama disampaikan oleh Farida Asy’ari, S. Pdi, MHI. Dalam materinya ia memperkenalkan apa itu administrasi dan ia juga memaparkan hal-hal yang berkaitan dengan identitas IPPNU “administrasi itu sama dengan identitas, jadi dalam IPPNU itu ada identitasnya yang tidak bisa di pakai sembarangan seperti baju yang kalian pakai itu tidak sembarangan asal pakai, karena itu sudah menjadi ketetapan dari pusat. Kemudian bendera, lencana, lambang olahraga dan lain-lain” jelasnya

Kemudian materi selanjutnya disampaikan oleh Mery Lestari, M. Si tentang jenis jenis surat dalam organisasi, dalam penjelasannya tersebut ada tiga belas jenis surat diantaranya surat keputusan, surat mandat dan surat umum “tadi sudah dijelaskan apa itu administrasi oleh pemateri sebelumnya, jadi kita langsung saja ke jenis-jenis surat. Nah disini ada 13 jenis surat mulai dari surat keputusan sampai surat umum. Dalam penulisan surat-surat ini juga tidak bisa sembarang, karena hal itu sudah ada aturannya baik peletakan kop surat, nomor surat, tanggal dan siapa yang menandatangani surat tersebut sudah ada aturannya” ujarnya.

Acara tersebut ditutup dengan tanya jawab dan foto bersama. (Sulastri)

Check Also

BANTU KORBAN BANJIR, PC.NU MELAWI DAN LAZISNU ANTAR MAKANAN SIAP SAJI KERUMAH-RUMAH WARGA YANG TERDAMPAK

Melawi, NU – Khatulistiwa.  Curah hujan yang tinggi membuat Kabupaten Melawi Provinsi Kalimantan Barat kembali …

Tinggalkan Balasan

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com