fbpx
Home / Berita / Sambut HSN 2019, PCNU Sambas Baca Shalawat Nariyah Berjamaah

Sambut HSN 2019, PCNU Sambas Baca Shalawat Nariyah Berjamaah

SAMBAS – NU Khatulistiwa, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sambas menggelar Shalawat Nariyah dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional di Masjid Abdurrahman Pondok Pesantren Muhammad Basiuni Imran (PPMBI) Sambas.Senin, 21/10 malam.

Kegiatan ini diawali Shalat Maghrib Berjamaah yang diimami oleh Ketua Tanfidziyah PCNU Sambas, Ustadz Drs. H. Mujahidin, M.Si. Setelah shalat, kegiatan dilanjutkan dengan membaca Shalawat Nariyah yang dipimpin oleh Ustadz Nasrullah, Lc hingga tiba waktu Shalat Isya. Kegiatan Shalat Isya berjamaah diimami oleh Sekretaris Tanfidziyah PCNU Sambas Ustadz Dr. Adnan Mahdi, M.S.I. Sehabis Shalat Isya, kegiatan dilanjutkan dengan Ceramah Agama dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional yang disampaikan oleh Ustadz Adnan Mahdi.

Dalam ceramahnya, Ustadz Adnan Mahdi menguraikan sekilas tentang sejarah dan peran Santri dalam membela Tanah Air dari penjajahan Belanda dan Jepang setelah dikeluarkannya Resolusi Jihad oleh Hadratus Syaikh KH. Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober 1945. Selain itu, Ustadz Adnan Mahdi juga menegaskan bahwa saat ini kita tidak lagi berperang melawan penjajah secara langsung, namun tetap diperlukan jihad perang melawan atau mengendalikan hawa nafsu. Santri harus terus berjuang sesuai posisinya saat ini, belajar dengan sungguh-sungguh untuk memperdalam pengetahuan agama di pondok, menempa diri agar memiliki akhlak dan adab yang baik, akhlak sesama teman, adab dengan kyai atau ustadz, sebab adab yang baik merupakan pintu utama untuk memperoleh keberkahan ilmu yang dipelajari di pondok. Ustadz Adnan Mahdi juga mengingatkan agar para santri bisa menyikapi secara bijak perkembangan teknologi saat ini, jangan sampai ciri khas kesantriannya hilang gara-gara tak bijak menggunakan teknologi.

Kegiatan Shalawat Nariyah dan Peringatan Hari Santri Nasional ini dihadiri sekitar 600 orang jamaah yang berasal dari Santriwan/Santriwati dan Ustadz/Ustadzah PPMBI Sambas, PCNU Sambas, Muslimat NU Sambas, PMII Sambas, GP Ansor dan Banser Sambas dan Fatayat NU Sambas. Kegiatan berjalan lancar dan penuh khidmat hingga akhir acara.

Check Also

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Ketua PC PMII SIngkawang Himbau Kader Untuk Tetap Dirumah

SINGKAWANG – NU Khatulistiwa, Jumlah kasus virus Corona (COVID-19) terus meningkat di Indonesia. Di Kota …

Tinggalkan Balasan

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com