Home / Badan Otonom / PMII Abu Hanifah IAIN Pontianak Isi Peringatan Haul Mahbub Djunaidi Dengan Tour Religi

PMII Abu Hanifah IAIN Pontianak Isi Peringatan Haul Mahbub Djunaidi Dengan Tour Religi

PONTIANAK – NU Khatulistiwa, Dalam rangka mewujudkan  kader yang cinta tanah air dan para leluhur yang telah memperjuangkan NKRI. Pengurus Rayon ABU HANIFAH Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam ( FEBI ) PMII IAIN Pontianak Cabang Pontianak Raya ajak kader ziarah ke makam tokoh pahlawan dan tokoh agama terpengaruh di kalimantan barat di hari Kesaktian Pancasila yang juga bertepatan dengan wafatnya aktivis dan penulis ulung Mahbub Djunaidi yang ke-24 tahun. Selasa, 1/10.

Perjalanan diawali dengan mengunjungi makam Sultan Pontianak ke-7  yakni  makam Sultan Hamid II Batu Layang Pontianak, kader FEBI panjatkan Doa untuk pahlawan yanng telah berjasa dalam menggambar lambang Negara Republik Indonesia membuat dirinya tetap dikenang dan tetap bisa dirasakan hingga pada generasi bangsa yang sekarang ini.

Meski jasad dikandung tanah, namun nama tetap hidup dan selalu dikenang.begitulah realita yang terjadi pada sosok yang dikenal sebagai Mursyid Tarekat Naqsyabadiyah yaitu Kyai Syeh khona Fathul Bari Ismail. Dimana hal ini menjadi tujuan selanjutnya perjalanan religius di tanggal 1 Oktober menggerakkan kaki kader FEBI menuju lokasi pemakaman beliau tepatnya di Masjid Jami’ Babussalam, Jl. Peniraman, Desa Peniraman, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah. Tak lupa pula memanjatkan Doa untuk beliau sebagai tokoh agama yang berpengaruh di Kalimantan Barat agar jiwa Ketuhanan Yang Maha Esa sebagaimana Sila pertama tetap tertanam dalam Jiwa Kader PMII.

“ Saya senang dengan adanya kegiatan Religius semacam ini, membuat diri saya mengingat kembali sejarah para pejuang Agama dan Negara sehingga meningkatkan motivasi semangat kebangsaan dalam jiwa saya sebagai generasi penerus bangsa” ujar Tamy (Kader FEBI).

Tak berhenti disitu perjalanan yang dimulai sejak pukul 14:00 WIB di Makam Sultan Hamid II, dan  pukul 16:30 WIB di Makam Kyai Fathul Bari ini tidak menghentikan semangat para kader melanjutkan ekspedisinya ke acara Haul Mahbub Djunaidi ke-24 tahun yang di usung oleh Rayon Opu Daeng Manmbon PMII Mempawah yang dilaksanakan di Gedung NU Mempawah pada pukul 18:30 WIB. Acara yang dikemas dengan Doa dan Tahlil, bedah film Dokumenter Mahbub Djunaidi, Akustik Pergerakan, dan juga Pembacaan Puisi untuk sang Aktivis dan penulis ulung ini.

Acara Haul Mahbub Djunaidi menjadi penutup perjalanan yanng pas untuk membawa kader mengenal lebih jauh Ketua Umum Pertama PB PMII ini yang juga aktif di dunia perpolitikan negara pada masanya, ideologi dan gagasan yang di kemas rapi dalam tulisan-tulisannya. (Linawati)

Check Also

Banom NU Mempawah Siap Sukseskan Hari Santri Nasional 2019

MEMPAWAH – NU Khatulistiwa, Badan Otonom Nahdlatul Ulama Kabupaten Mempawah gelar persiapan agenda hari Santri …

Tinggalkan Balasan

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com