fbpx
Home / Badan Otonom / IPNU IPPNU Kubu Raya Sukses Gelar Dialog Refleksi Sumpah Pemuda

IPNU IPPNU Kubu Raya Sukses Gelar Dialog Refleksi Sumpah Pemuda

KUBU RAYA – NU Khatulistiwa, Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU)Kabupaten Kubu Raya, Luncurkan Kegiatan di Aula Bupati Kubu Raya Jl. Arteri Supadio Ayani (25/10) Jumat Siang.

Acara tersebut dimulai dari Pukul 13.30 WIB, yang dihadiri oleh tiga Narasumber diantaranya H. Sy. Abdullah Alkadrie.SH.MH dari DPR RI dapil Kalbar, Prof. Dr. H. Thamrin Usman. DEA selaku Ketua Yayasan Mujahidin Kalbar sekaligus Mantan Rektor Untan 2011 -2019, Mansur Zahry. MM selaku Ketua dari Himpunan Pengusaha Nahdliyyin (HPN) Kalbar. Dan OKP Kemahasiswaan dari PMII Kubu Raya,BEM STIT Darul Ulum,Primaraya.

Adapun tema yang diangkat acara tersebut yakni, “Internalisasi Pancasila & Spirit Kebangsaan Serta Kewirausahaan Bagi Pelajar dan Pemuda”. dan dalam segmen kesempatan dialog tersebut dipandu oleh Moderator Rekan Abdussalim.S.Sos Aktifis Alumni Fisipol Untan.

Dalam kesempatan sesi pertama materi Internalisasi Pancasila disampaikan oleh Prof. Dr. H. Thamrin Usman, DEA. Demi Memenuhi Undangan IPNU IPPNU beliau Rela Meninggal Jam Mata Kuliah di Fakuktas Pendidikan dan Kedokteran, dalam paparan materi tentang kepancasilaan ia menjelaskan satu persatu dari sila sila pancasila. Bahkan negara yang menganut sekulerisme saja secara tidak langsung masih berpikir bertuhan. Dan kita yang telah mengetahui bahwa Pancasila adalah ideologi negara yang final dan tak dapat ditawar tawar lagi. Karena “didalam nilai pancasila itu sendiri tidak ada yang melanggar dari nilai syariat islam”. terangnya

“Tidak ada negara sebesar indonesian mampu bertahan dengan kesatuannya menjaga keutuhan negara ini. Yang sudaj belajar dari penjajahan kolonial belanda selama kurang lebih 3,5 abad dijajah diadu domba agar terjadi perpecahan dan perselisihan yang berujung kehancuran. Dengan demikian jadilah kita generasi pelajar dan pemuda yang dengan bangga sayalah indonesia sayalah pancasilaisme. ” ungkapnya

H. Sy. Abdullah Alkadrie. SH. MH selaku Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Dapil 1 Kalimantan Barat Periode 2019-2024 tersebut memaparkan dalam sesi II dengan Spirit Kebangsaan dengan Pancasila dan Pilar UUD 1945 sebagai konstitusional, Bhinneka Tunggal Ika serta Martabat Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hingga detik ini Bangsa ini masih tegak dengan Ideologi bangsa dalam piagam jakarta bahkan Pancasila pun tercamtum dalam Pembukaan UUD 1945.

“Para Founding Father Negara ini juga telah meninggalkan warisan bangsa yang besar ini dengan nilai kesatuan dan gotong royong. Dan para kalangan pesantren dan kiai juga tidak terlepas dari peran penting kemerdekaan negara tercinta ini” pesannya

H. Mansur Zahry. MM selaku Pengusaha Muda NU yang kini Sebagai Ketua HPN Kalbar, memberikan gambaran dari persepektif Ekonomi yakni dengan melahirkan para generasi melalui kewirausahaan. Dan tentunya semua dimulai dengan semangat kemauman yang kuat. Meski semua tak harus kendala oleh modal karena tanpa modal pun bahkan bisa memulai bisnis dan usaha.

Dimulai dari hal yang terkecil yang ada disekitar kita yang harus mampu peka dengan perubahan sekitar sesuai kebutuhan yang menjadikan kita bisa berdikiri diatas kemandiran. jelasnya

Acara dikemas dengan sesi tanya jawab dan langsung dituju oleh para narasumber, disisi moderator memandu jalannya dialog berjalan dengan lancar. Dan diakhir penghujung acara pemberian Cinderamata kepada semua Narasumber dan dilanjutkan dengan sesi foto bareng dan temu salam pisah dengan ditutupnya acara dialog tersebut. (Evatunnisa)

Check Also

“Ayo Menanam” Dalam Hadapi Krisis Corona

Oleh: Dr.Yusriadi, MA Ketua PW ISNU Kalbar Sore itu di akhir Maret 2020, di Group …

Tinggalkan Balasan

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com