Home / Badan Otonom / Partisipasi IPNU IPPNU Melawi dalam Agenda Tahlil Akbar dan Doa Bagi Para Pahlawan

Partisipasi IPNU IPPNU Melawi dalam Agenda Tahlil Akbar dan Doa Bagi Para Pahlawan

MELAWI – NU Khatulistiwa,  Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdhlatul Ulama (IPPNU) Kabupat\en Melawi mengikuti kegiatan Tahlil Akbar dan Doa Arwah Pahlawan Bangsa. Kamis, 15/8.

Acara yang melibatkan Aktivis dari keluarga Besar Nahdlatul Ulama seperti, PCNU, Ansor Banser, IPNU-IPPNU dan masyarakat umum tersebut digelar di komplek Makam Pahlawan Nasional Raden Tumenggung Setia Pahlawan yang terletak di Desa Tekelak, letaknya makam Pahlawan sekitar 1 KM dari pusat Kota Nanga Pinoh atau berseberangan dengan sungai Melawi, 

Kegiatan tersebut yang digelar di makam Raden Tumenggung Setia Pahlawan dan diikuti oleh berbagai tokoh masyarakat di sekitaran makam setia Pahlawan dengan mendapatkan dukungan dan sambutan baik oleh masyarakat setempat. Rangakain acara di mulai dengan melakukan Tahlil Akbar dan Doa Arwah Pahlawan Bangsa dan sambutan-sambutan dari PCNU dah Ahli Waris (Masyarakat) sang Pahlawan.

Menurut ketua PC IPNU Melawi, dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan ke 74, dimana anak bangsa yang lain lebih asik dengan dunianya sendiri PC IPNU Melawi memiilih untuk mengisi perayaan kemerdekaan dengan berziarah ke makam Pahlawan,

Tujuan kegiatan ini bagi IPNU – IPPNU yaitu untuk menumbuhkan dan menanamkan rasa cinta tanah air sebagai pemuda generasi penerus bangsa yang akan mendatang, dan lebih mempererat tali silaturahim dalam masyarakat, melalui even ini “kita ingin melatih kader IPNU – IPPNU mengajak semua pelajar untuk ambil bagian dalam menanamkan rasa cinta tanah air demi menjaga keutuhan NKRI. Dengan melakukan jiarah sekaligus mengikuti acara Tahlil Akbar dan Doa Arwah Pahlawan Bangsa bersama untuk mengenag, dan mendoakan pahlawan Nasional, diharapkan bisa membuat pemikiran para generasi muda akan lebih terbuka, “tuturnya.

Di depan sekitar 100 peserta, koordinator kegiatan Drs. Shofiyullah, Sekretaris PCNU Kabupaten Melawi dalam pengantar acara menyatakan bahwa ”Tahlil Akbar dan Doa Arwah Pahlawan Bangsa ini memadukan kecintaan kepada Tanah Air dan para Pahlawan/Syuhada dengan tradisi lokal (Doa arwah dan tahlil) serta budaya silaturahim dalam masyarakat yang memang merupakan kearifan lokal di Melawi dan masyarakat Dayak Muslim Kalimantan Barat pada umumnya. Dalam rangka HUT Kemerdekaan RI, kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan kembali semangat cinta tanah air bagi generasi muda dan masyarakat pada umumnya, di saat sekelompok kecil anak bangsa yang hidup, makan minum di negeri ini tapi bermimpi untuk mengganti sistem di negeri yang akan dapat meakibatkan kehancuran negeri.

Diharapkan even seperti ini akan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan berupa Tahlil, Doa Arwah maupun Istighotsah dalam even Peringatan HUT Kemerdekaan RI maaupun acara Haul Pahlawan Nasional Raden Tumenggung Setia Pahlawan di masa-masa mendatang. Tentusaja hal ini dapat dilaksanakan apabila terjalin kerja sama antara Nu dengan masyarakat, serta Unsur Pemerintah Desa, Kecamatan maupun Kabupaten Melawi. “Tutur Syofiyullah dalam sambutan selanjutnya.

Ditemui terpisah, Ahli Waris sang Pahlawan Tain Iskandar menyatakan bahwa “saya sangat mengapresiasi sekaligus terharu dan mengucapkan terima kasih dengan diadakannya kegiatan Tahlil Akbar dan Doa Arwah di Makam Pahlawan, dan berharap kegiatan tersebut akan lebih berkelanjutan supaya kita akan bisa mengenag dan medoakan sang Pahlawan pejuang kemerdekaan, demi kita semua bisa hidup aman dan tentram”,ujar Tain Iskandar. 

Sebelum acara Tahlil dan Doa Arwah, yang di dipimpin oleh KH Nurkholis, merupakan  salah satu Kader dan Instruktur PKPNU Kalimantan Barat di Melawi, menuturkan bahwa “Acara mengunjungi dan merawat Makam Raden Tumenggung Setia Pahlawan ini adalah amanat dari Pengurus PBNU sekaligus Instruktur PKPNU pusat merupakan kwajiban kita untuk mengenag pahlawan kemerdekaan, KH Mun’im DZ beserta Tim Instruktur lainnya.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan menyeberang sungai Melawi dengan perahu dan melakukan shalat Asyar berjamaah di Masjid Jami’ – Masjid Jami, yang merupakan Masjit tertua di Melawi dan merupakan peningalan sejarah umat Islam perta di Nanga Pinoh, rihlah dari Masjid ke lokasi Makam Raden Tumenggung Setia Pahlawan yang berjarak sekitar 200 meter letaknya dari masjid Jami. Acara yang khidmat dan diikuti oleh seluruh peserta dengan ditutup dengan sambutan mengharukan dari ahli waris Sang Pahlawan, yaitu Bapak Tain Iskandar. Dari even acara Tahlil Akbar dan Doa Arwah Pahlawan Bangsa dalam rangka HUT RI ke 74 diharapkan mendapatkan barokah dan karunia-Nya Allah SWT. (SUkarno)

Check Also

Banom NU Mempawah Siap Sukseskan Hari Santri Nasional 2019

MEMPAWAH – NU Khatulistiwa, Badan Otonom Nahdlatul Ulama Kabupaten Mempawah gelar persiapan agenda hari Santri …

Tinggalkan Balasan

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com