Home / Berita / Primaraya Gandeng IPNU Kubu Raya Gelar Pelatihan Protokoler

Primaraya Gandeng IPNU Kubu Raya Gelar Pelatihan Protokoler

KUBU RAYA, NU Khatulistiwa,  Pengurus Perhimpunan Mahasiswa Kubu Raya (Primaraya) bekerjasama dengan Pengelola Asrama Kubu Raya, gelar Pelatihan Keprotokoleran di Aula Serba Guna Asrama Kubu Raya, Jalan Sepakat 2 Gang Mawar No. 5, Sabtu Siang (6/7).

Kegiatan Proses Kaderisasi yang dihadiri langsung Ketua Asrama Kubu Raya Saudara Ari Bowo, Saiful Bahri Selaku Ketua Primaraya,  dan puluhan peserta yang terdiri dari pengurus dan anggota Primaraya yang sebagian penghuni Asrama Kubu Raya turut serta antusias meramaikan.

Pada Pelatihan Protokoler tersebut dibuka oleh Moderator yakni Saudari Indah Lestari, dalam memandu jalannya Pelatihan tersebut. Dirinya terlebih dahulu membacakan Riwayat Biodata Diri (Cv) pemateri kepada Peserta yang antusias mengikuti dengan seksama. Dan kemudian mempersilahkan kepada Pemateri untuk menyampaikan materi pada pelatihan Keprotokoleran.

Ulil Abshor selaku Pemateri sebelumnya Mengapresiasi kegiatan yang sangat luar biasa ini. Dengan dukungan dan kepercayaan kawan kawan Primaraya dan Penghuni Asrama Kubu Raya yang telah memberikan kesempatan kepada dirinya. Ia sebelumnya meminta maaf apabila dalam pemaparan nantinya banyak kekurangan dikarenakan, Jujur dirinya juga baru perdana memberikan Pelatihan yang sifatnya sangat sakral tersebut.

“Dirinya menerima dengan sepenuh hati dan terbuka dari adanya kegiatan keprotokoleran ini bisa sama sama belajar, dan dapat memberikan faedah dan manfaat untuk bersama, demi kepentingan yang positif dikemudian hari.” pesannya

Secara arti kita mengetahui bahwa Protokoler berasal dari kata protokol yang merupakan aturan resmi terkait suatu acara atau kegiatan yang bersifat kenegaraan. Dan biasanya, pembawa acara (mc) yang digunakan pada saat acara resmi kenegaraan tersebut. Disebut seorang protokoler (karena dia harus menggunakan standar resmi pada tiap acara negara atau yang bersifat keprotokolan. paparnya

Dan tentunya poin terpenting terkait dengan pelatihan protokoler dan organisasi adalah merupakan sistem, sebagai acuan kita dalam melaksanakan agenda besar yang sifatnya resmi melibatkan seorang tokoh visioner dari lembaga dan institusi pemerintahan.

Adapun diantaranya ialah ada 5 komponen protokoler yang perlu diperhatikan dengan seksama, oleh kita nanti untuk dipersiapkan yang pertama, terkait dengan Tata Upacara (pembukaan/penghormatan),kedua Tata Ruang (dekor,meja kursi,baleho), ketiga Tata Tempat (penempatan tamu -tamu penting), yang keempat Tata warkat (surat menyurat), dan yang kelima Tata busana yang terkait dengan Identitas Kita baik mengenakan Pakaian Dinas Harian (PDH) sebagai citra atibut kita.

Dari semua tersebut, pasti dan tentunya kita memerlukan koordinasi antar pengurus organisasi yang berwenang dengan saling berkomunikasi dengan baik (efektif) serta melakukan perencanaan yang matang dengan saling konfirmasi antara protokoler dan tamu penting yang kita undang. tutupnya

Saiful Bahri berharap besar kegiatan yang luar biasa ini dapat mengeratkan persaudaraan dengan silaturrahmi nantinya bisa terus berkelanjutan. Dirinya senang karena pemateri sudah bersedia dan berkenan menjadi pemateri di kegiatan Primaraya, dan ia  berharap Saudara Ulil, tidak menjadikan kegiatan ini yang terakhir untuk menjadi pemateri di primaraya. Semoga di lain waktu dan lain kegiatan insaallah kami akan mengundangnya kembali. ujarnya

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang diberikan kesempatan oleh moderator dan ditutup dengan penyerahan plakat (cinderamata kenang kenangan) oleh ketua Asrama Kubu Raya, dan foto bersama dilanjut ngobrol santai di depan teras Asrama. (Ulil)

U

Check Also

PKPT IPPNU IAIN Pontianak Gelar Rutinan KARTINI

PONTIANAK – NU Khatulistiwa,  Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) IAIN …

Tinggalkan Balasan