fbpx
Home / Berita / Mengaji dan Bersholawat Jadi Agenda Haflatul Imtihan dan Milad Ke-42 Ponpes Darun Nasyiin

Mengaji dan Bersholawat Jadi Agenda Haflatul Imtihan dan Milad Ke-42 Ponpes Darun Nasyiin

KUBU RAYA – Yayasan Al – Ikhsan Pondok Pesantren Darun Nasyiin (Ponpes Darnas) gelar Haflatul Imtihan yang ke empat puluh dua tahun melalui dengan mengaji dan bersholawat, dipusat Musholla Cetral Pondok Pesantren Darun Nasyiin Desa Simpang Kanan Sungai Pelaik Kecamatan Sungai Ambawang. Sabtu, 29/6 lalu.

Acara yang dihadiri langsung Kiai Ainun Najib selaku Ketua Lembaga Yayasan Al – Ikhsan, yang merupakan Dosen Sekaligus Akademisi Kampus IAIN Pontianak, Kiai Ahmad Naufal. S.Pd,I selaku Dewan Pengasuh Ponpes Darun Nasyiin yang juga merupakan Putra Pertama dari lima bersaudara Putra Putri KH. Abdus Syakur Bin Walid.

Turut serta juga hadir Ulama dari Pulau Madura yakni Raden KH. Amin Zaini Ro’ie selaku Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Banyuanyar. Beliau juga ditemani Ustadz Da’i yang merupakn Ustadz Hafizul Qur’an 30 Juz di Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Darul Ulum Banyuanyar.

Pondok Pesantren Banyuanyar merupakan Pondok tempat dimana KH. Abdus Syakur menempuh dan menimba ilmu agama, dan pulang kedaerahnya asal untuk mendirikan Pondok Pesantren Darun Nasyi’in yang kini sudah menginjak Usia Ke- 42 tahun.

Kyai Ainun Najib Ketua Yayasan  Al -Ikhsan Pondok Pesantren Darun Nasyi’in dalam sambutannya mewakili Keluarga Besar Darun Nasyiin dan Panitia mengucapkan terima kasih atas kesediaan berkenan hadir Gurunda Raden KH. Amin Zaini Ro’i Syafiuddin.Lc.MA kepondok Pesantren Darun Nasyiin. Dan beserta Tamu Undangan, Wali Santri dan Khususnya Alumni juga yang turut serta mensukseskan Acara tersebut. Dirinya memohon maaf apabila dalam penyambutan, tempat dan hidangan yang disediakan tidak berkenan dihati para hadirin sekalian. tuturnya

Pesan hikmah disampaikan oleh Raden KH. Amin Zaini Ro’i bahwa selalu mengedepankan
Akhlak dan penampilan yang baik. Karena itu termasuk bagian dari pendidikan yang baik kepada guru, apalagi kepada Allah Subhanahu wa Taala. Adanya pendidikan kita diajarkan pentingnya Pendidikan, hati hati dengan adanya pengaruh budaya luar.

“Dengan cara yang bisa menjauhkan diri kita sendiri jauh dari Allah, dan Memang harus ada yang mencari ilmu sesuai kaidah dalam ilmu ta’lim muta’lim.”

Bagaimana sebuah Teguran Allah pernah ditujukan pada Nabi Musa Alaihi Salam, Dengan kesombongannya memiliki ilmu. Perlu diketahui seseorang yang mencari ilmu itu wajib bergerak positif dari segi apapun.
Dilandasi dengan kemauan keras, maka semua akan bisa kita capai. Ilmu apapun harus di pelajari, meskipun cobaannya pasti sangat luar biasa. papar beliau

Jika Ingin kaya sekalipun maka haruslah dengan ilmunya. Begitupu ingin surga, maka tentu juga dengan ilmu. Dan apapun keinginan kita maka semuanya itu butuh ilmu.
Agama Islam itu semuanya adalah do’a. Sholat merupakan doa, Puasa pun merupakan doa, bahkan Kerjapun adalah doa dan Makan minum adalah doa. tutupnya

Muhammad Fahad.SE selaku Alumni dakam Kesan nya, mengucapkan bahwa Kegiatan Haflatul Mmtihan merupakan moment ajang silaturrahmi dan Reuni Alumni antar santri Ponpes Darun Nasyi’in. Dan moment bisa menyaksikan perkembangan Pondok Pesantren yang semakin pesat, baik dari infra struktur pembangunan dan SDM nya. Banyak dari santri yang bisa menorehkan berbagaj prestasi di bidang Musabaqoh Tilawatil Quran yang hampir setiap tahun berpartisipasi hingga ke kanca nasional harumkan pondok pesantren. lanjutnya

“Dengan haflatul imtihan bisa mendekatkan diri pada guru dan ulama – ulama yang datang ke pondok”.terangnya

Adapun acara wisuda dari jumlah 30an dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini. Dan wisudawan – wisudawati dari MI, MTS dan MA sekitar 98 peserta. Kegiatan tersebut juga dihadiri Alumni, FKMD Kalimantan Barat, serta  pengurus IPNU – IPPNU Kubu Raya yang merupakan Lulusan Pondok Pesantren Darun Nasyiin. (Ulil)

Check Also

Organisasi Pelajar di Kalbar Gelar DIalog Bangkitkan Semangat Literasi

PONTIANAK – NU Khatulistiwa,  Organisasi Poros Pelajar mengadakan dialog yang bertema “Merajut Semangat Literasi dalam …

Tinggalkan Balasan