Home / Badan Otonom / IPPNU Kubu Raya Ajak Pelajar Cerdas Literasi DIgital

IPPNU Kubu Raya Ajak Pelajar Cerdas Literasi DIgital

KUBU RAYA – NU Khatulistiwa,  Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) kubu Raya, gelarseremonial pelantikan yang dikemas dengan seminar pendidikan bertempat di AUla Kantor Bupati Kubu Raya, Ahad, 19/5.

Umi Marzuqoh,Ketua Fatayat NU Kalimantan Barat sampaikan pesan pentingnya terkait dengan tema seminar pendidikan yakni. “Membangun Generasi Berkarakter Melalui Literasi Digital”.

Ia mengajak agar seluruh pelaja putri NU  bijak dalam menggukan media digital sebaik mungkin serta  tepat sasaran. Karena pada era saat ini “jarimu harimau mu, bukan lagi mulutmu harimaumu”. lanjutnya

Ia juga mengajak para pelajar untuk belajar dari kasus yang sudah terjadi , mencari informasi yang sifatnya bermanfaat seperti terkait pengembangan IPPNU . Agar tetap terbangun mental karakter saring sebelum sharing lebih bijaksana. Dan harus tetap waspada dan bijaksana.

“Jadikan karakter jadi diri kalian sebagai kader ippnu menjaga tawasut ,tasamuh ,dan tawazun”. tutupnya

Narasumber Kedua, Budiyono sampaikan materi mengenai pentingnya literasi digital. Tak luput dari genggaman smartphone di tangan kita mudah untuk diakses dalam memenuhi segala aspek kehidupan. Orang hari ini tidak lagi peduli dengan akan sampul daripada isinya. ” ujarnya

Menurutnya literasi media sangatlah penting.tak terkecuali dalam mengakses sebuah berita. Ia menghimbau untuk lebih teliti lagi dalam membaca sebuah berita yang diakses terlebih dahulu secara teliti dan komprehensif. Kemudian, baru dianlisis dan dikelompokkan agar seorang pembaca tidak mudah terkena infomasi yang bersifat hoaks.

Menurutnya, Dalam mengkonsumsi sebuah informasi harus  tetap mencari pembanding informasi yang lain. Dari perspektif untuk bisa terlebih dahulu dikonfirmasi dengan pembanding yang lebih terpercaya tidak terlalu terhadap keberpihakan. Lain halnya yang sifatnya ilmiah seperti hasil batshul masail ,melalui kajian dari lebih.

“Agar tak mudah terkena informasi hoaks dan menyalahi aturan, . maka kita perlu ketahui terlebih dahulu dari isi informasi tersebut tidak hanya dilihat dari menariknya saja. Akan tetapi menghindari gesekan kesenjangan perpecahan sesama kawan kita”. paparnya

Kegiatan tersebut ditutup dengan “kultum”, dan kemudian ditutup dengan pembacaan doa oleh Rais Syuriah MwCNU Sungai Raya  dan sambil menunggu azan magrib dilanjutkan buka puasa bersama . (Ulil)

Check Also

Semarak Harlah ke-90, LP Ma’arif NU Kalbar Gelar Malam Refleksi

PONTIANAK – NU Khatulistiwa,  Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama  merupakan Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama, …

Tinggalkan Balasan