Home / Berita / Talkshow Warkop Solidaritas Membedah Pemikiran Kebangsaan KH Ma’ruf Amin

Talkshow Warkop Solidaritas Membedah Pemikiran Kebangsaan KH Ma’ruf Amin

PONTIANAK – NU Khatulistiwa,  Warung Kopi Solidaritas talkshow ke 24. Yang bertemakan Bedah pemikiran kebangsaan KH.Ma’ruf Amin, Sabtu, 23/3.

Pemateri talkshow tersebut yaitu Dr. Zulkifli Abdillah (Sek-UMUM MUI Kalbar), selamat Funata (Aktivis Komunitas Entri Literasi dan  Gushan (aktivis Komunitas Snatri Kalbar)

Moch. Sab’in yang selaku sebagai host sekaligus owner warkop tersebut menyampaikn prolog bahwa
Pasca debat cawapres beberapa waktu lalu begitu banyak sekali orang-orang yang meragukan kemampuan dan pengetahuan KH. MA’RUF AMIN.
Anggapan-anggapan tersebut menjadi sebuah antitesa dari persepsi yang bergulir ditengah masyarakat.

“Dimana ketika KH. MA’RUF AMIN mencoba untuk berdebat dan beberapa pandangan beliau atas apa yang di sampaikan oleh sandi.

Ia merupakan seorang profesor dan juga kiai yang menurut saya sudah tidak diragukan lagi mengenai pemikiran-pemikiran beliau,”

Karena saking mumpuni KH. MA’RUF AMIN yang sandi sedniri tidak bisa mengejar pemikiran beliau sehingga banya isu-isu yang muncul dan di angkat ditengah masyarakat hanya untuk menjatuhkan elektabilitas Jokowi MA’RUF Sebagai capres dan cawapres”

Sampai-sampai mengenai gulungan sarung kiai pun di ributkan dan dijadikan alat untuk menjatuhkan kiai. Saya kira hanya tampilan atau cara berpakaian kiai saja yang sehingga orang-orang dari kubu lawan mengangkat isu-isu yang kurang berfaedah dan tidak ada manfaatnya.
Padahal pakaian yang di pakai Kh. Ma’ruf amin itu merupakan sebuah ciri khas bangsa ini yang tidak dimiliki oleh negara manapun dan kita harus melestarikan dan menjadi kan bahwa pakaian sarung itu sebagai budaya bangsa ini”

“Dan kalau kita lihat pemikiran-pemikiran yang disampaikan waktu debat kemaren menurut saya sangat bagus sekali. Apalagi dengan istilah-istilah yang di lontarkan seperti infrastruktur langit dan beberapa istilah yang lain disampaikan sangat milineal sekali, lantas kenapa kita sebagai masyarakat harus mengatakan bahwa beliau itu produk old lah, nggak milineal lah dan lain lain. Saya rasa itu isu-isu yang kurang pas jika disampaikan dan diributkan.”

Program-program yang di usulkan pun waktu debat kemaren oleh KH. Ma’ruf amin adalah program yang sudah menjadi bukti ditengah masyarakat bukan hanya janji-janji semata.

Saya berharap dengan adanya talkshow atau diskusi seperti ini teman-teman yang hadir dan masyarakat Kalbar pun bisa lebih cerdas dalam memilih dan menilai capres dan cawapres Indonesia. Jangan hanya mendengar kan dari telinga ke telinga yang hanya ingin memecah belah masyarakat Kalbar atau Indonesia.
Kita wajib menjunjung tinggi nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila yang sudah vinal dan menjadi ideologi bangsa ini dan benar-benar memahami nilai-nilai tersebut sehingga kita tidak mudah terpancing hanya  karena segelintir orang yang mempunyai kepentingan personal dan kelompok mereka saja”

Dr. Zulkifli Abdillah selaku pemateri pertama juga menambahkan bahwa tidak diragukan lagi pemikiran-pemikiran KH.ma’ruf amin. Kita tahu bahwa ia juga profesor dan sekaligus kiai yang sangat cinta terhadap Indonesia. Kiai Ma’aruf amin juga banyak berperan aktif dalam membangun bangsa ini, seperti memberikan pendidikan keagamaan dan kebanggsaan terhadap santri-santri di pesantren”,

“Bisa kita lihat sendiri dengan cara ia menyampaikan visi misi dan pemikiran-pemikiran beliau waktu debat kemaren juga santun dan tidak ada yang salah. Baik secara moral ataupun cara berpakaian nya.”

Ia juga mengajak untuk senantiasa menjaga silaturahmi dan saling mengingatkan jika memang ada yang salah dari pemerintah ataupun stakeholder di negri ini. Agar kita sama-sama membenahi persoalan yang ada di Indonesia maupun di Kalbar. ”

Buang sifat atau pemikiran negatif terhadap siapapun ,baik itu pemerintah ataupun orang-orang disekitar kita. Kita ambil yang positif saja dari proses pemilu yang telah berlangsung saat ini”. Ujarnya (Khotip)

Check Also

Semarak Harlah ke-90, LP Ma’arif NU Kalbar Gelar Malam Refleksi

PONTIANAK – NU Khatulistiwa,  Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama  merupakan Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama, …

Tinggalkan Balasan