Home / Badan Otonom / Pelantikan SAKO Ma’arif NU Kalbar Dirangkai Dengan Pelepasan Kontingen PERGAMANAS

Pelantikan SAKO Ma’arif NU Kalbar Dirangkai Dengan Pelepasan Kontingen PERGAMANAS

PONTIANAK – NU Khatulistiwa,  Pengurus Majlis Pembimbing dan Pimpinan Satuan Komunitas Pramuka Maarif Nahdlatul Ulama tingkat daerah Kalimantan Barat masa bakti 2018-2023 resmi dilantik oleh Ketua Kwartir daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Barat Suryadi M S, S.Sos., M.Si di Aula Asrama Haji Pontianak. Acara pelantikan ini dilaksanakan dengan resepsi upacara. Ahad, 17/2.

Dalam acara ini, yang menjadi Pembina upacara adalah  Kepala Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Barat Suryadi MS., S.Sos, M.Si. Hadir dalam acara ini Ketua Lembaga Pendidikan Maarif NU Dr.Zainuddin, dan Sekretarisnya Didi Darmadi .Serta Pengurus Majlis Pembimbing dan Pimpinan SAKO Pramuka Maarif  Nadlatul ulama. Tidak lupa siswa penggalang dan 46 kontingen yang akan dilepas di Cibubur  Jakarta dalam acara Perkemahan Penggalang Pramuka Maarif Nasional.

Pembina upacara mengatakan kepada pengurus yang telah dilantik harus mematuhi trisatya, kemudian harus istiqomah  karena agama islam mengajarkan istiqomah dan berkomitmen terhadap amanah yang di embannya.

“yang paling penting kita berbuat, berusaha berupaya untuk menjadikan anak-anak NKRI kita mandiri untuk menghadapi bonus demografi yang kalau tidak dipersiapkan maksimal oleh kita, maka hasilnya akan mengecewakan, pendidikan karakter tidak hanya dibangun di pembelajaran formal namun juga informal, dan ini dibuktikan dengan pengakuan pemerintah di undang undang 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka, bagi saya pesantren, NU , Muhammadiyah patut dipertahankan pemudanya melalui gerakan ini” ungkapnya.

Lain halnya ketua komsat SAKO Pramuka Kalimantan Barat yaitu Jono Harun, pelantikan ini diharapkan agar pramuka NU bisa berkembang, karena ini Maarif, sehingga anak-anak  pramuka Maarif NU bisa berkembang sama dengan pramuka-pramuka lainya intinya sinergitas antara SAKO Maarif dan Kwartir pramuka Kalimantan Barat bisa bersatu.

“Dengan adanya SAKO  ini anak anak Maarif bisa mengikuti even nasional, sekarang ini kita membawa anak anak Maarif ini ke Pergamanas (Perkemahan Penggalang Maarif Nasional) di cibubur Jakarta. Seelumnya pernah juga mengikuti even nasional di Jombang dan di Magelang. Alhamduillah Pramuka Maarif Kalbar sudah aktiv, kita berdoa supaya semuanya lancar” Imbuhnya.

Ketua LP Maarif NU Dr.Zainuddin, ia mengatakan “ setelah pelantikan ini,,SAKO ini kita akan memeberdayakan pramuka, itu dapat membantu kita dalam mengembangkan pendidikan. Selama ini pramuka belum difungsikan secara maksimal dengan adanya pembentukan SAKO ini maka kita memulai masuk di bawah madrasah madrasah NU, untuk menguatkan lagi kegiatan kegiatan salah satunya pendidikan karakter. Kegiatan Pramuka ini untuk mendorog kegiatan keislaman yang berideologi aswaja” jelasnya.

Sekretaris Pengurus Wilayah Nahdaltul Ulama Kalimantan Barat, KH Hasyim Hadrawi mengatakan bahwa harapannya untuk adik adik yang mengikuti Pergamanas ini bisa menjaga nama baik Kalimantan Barat, dan bisa membuat prestasi yang lebih baik, meskipun dari PWNU belum bisa memeberikan fasilitas yang diharapkan, namun para pengurus bisa menyumbangkan pemikiran tenaga yang bisa dilakukan untuk membimbing maupun mengarahkan. (Maulida)

Check Also

Semarak Harlah ke-90, LP Ma’arif NU Kalbar Gelar Malam Refleksi

PONTIANAK – NU Khatulistiwa,  Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama  merupakan Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama, …

Tinggalkan Balasan