fbpx
Home / Badan Otonom / LAKPESDAM PBNU – PMII IAIN Pontianak Lakukan Survei Moderasi Beragama di Kampus

LAKPESDAM PBNU – PMII IAIN Pontianak Lakukan Survei Moderasi Beragama di Kampus

PONTIANAK – NU Khatulistiwa,  Ahmad Iftah Sidik Bendahara Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (LAKPESDAM) pada Kamis 14 Februari kunjungi Pontianak dengan sasaran kampus IAIN Pontianak sebagai sampel penelitian terkait Moderasi Islam di Perguruan Tinggi Islam Negeri. Setiap pertemuan penelitian ini dilalukan di Gedung PWNU Kalimantan Barat, Ahad, 17/2.

Ia mengatakan Survei ini dilakukan untuk membaca  seberapa besar tingkat  moderasi mahasiswa di perguruan-perguruan tinggi agama seluruh Indonesia”

Sampel penelitian ini diajukan di 12 IPTKIN  di seluruh Indonesia. Denga data hasil survein hal ini diharapkan lebih jeli dalam sikap trend perkembangan mahasiswa dan ini juga akan menjadi pertimbangan kementrian agama dan ormas-ormas terkait  dalam rangka mengeliminir gerakan-gerakan radikalisme dikalangan mahasiswa.

Untuk meminimalisir radikalisme sendiri LAKPESDAM melakukan pelatihan-pelatihan, website, dan  buku-buku yang disebarkan dan bekerjasama dengan lembaga yang intens terkait hal ini seperti BMPT. survei terkait radikalisasi baru ini dilakukan di 12 perguruan tinggi Agama seperti UIN Ar Raniry Banda Aceh, UIN Raden Intan Lampung, UIN Sultan Syarif  Kasim Riau, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Alaluddin Makasar, IAIN Palu, UIN Antasari Banjarmasin, IAIN Samarinda, UIN Mataram NTB, dan seperti yang dilakukan selama dua hari kemarin di kampus IAIN Pontianak selama 2 hari mulai tanggal 15-16 Februari 2019.

Survey ini bekerjasama dengan kader PMII komisariat IAIN Pontianak dalam proses wawancara terhadap 100 mahasiswa IAIN Pontianak dari berbagai program studi , mulai dari mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam ( FEBI), Fakultas Syariah (FASYA), Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan (FTIK), dan mahasiswa Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah  (FUAD). survei berlangsung selama dua hari yakni 15-16 Februari 2019.

Di akhir survey yang dilakukan kader PMII komisariat IAIN Pontianak ditutup dengan sharing pengalaman selama penelitian yang di pimpin oleh wakil bendahara LAKPESDAM. Ia langsung sekaligus berpamitan untuk kembali ke Jakarta. (Linawati/Maulida)

Check Also

PC IPNU Kubu Raya Gelar RapatPemantapan Jelang Pelantikan

KUBU RAYA – NU Khatulisiwa, Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PC. IPNU) Kabupaten Kubu …

Tinggalkan Balasan

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com