fbpx
Home / Berita / Peringati Hari Pahlawan, IKSASS Kalbar Adakan Ziarah Wali

Peringati Hari Pahlawan, IKSASS Kalbar Adakan Ziarah Wali

PONTIANAK – NU Khatulistiwa,  Tak hanya menjadi agama mayoritas, Islam juga mengambil peran penting dalam kemerdekaan Indonesia. Tak sedikit jumlah pejuang kemerdekaan yang berstatus sebagai ulama penyebar dakwah Islam yang moderat namun pula berstatus sebagai tokoh pahlawan nasional.

Pengurus Ikatan Santri Alumni Salafiyah Syafi’iyah (IKSASS) Rayon Kalimantan Barat adakan Ziaroh ke makam-makam yang ada di Kalbar, yang dimulai dari Makam Sultan Syarif Abdurrahman Al Kadrie di Batulayang Kota Pontianak, Makam KH. Fathul Bari Ismail Peniraman Mempawah dan Makam Habib Husein Al Kadrie Mempawah, Sabtu, 10/11.

Menurut ketua IKSASS Rayon Kalbar H. Dedi Junaidi, S.Sos.I mengatakan bahwa tujuan utama ziaroh ini adalah sebagai bentuk mengenang jasa jasa para pahlawan bangsa yang gugur dalam peperangan dan pahlawan tanpa jasa yang perjuangan yang luar biasa dalam mendidik anak-anak bangsa di kalbar yang perlu kita  panjatkan doa juga buat beliau yang ikhlas menjadikan kalbar ini sampai saat ini.

“Sultan Hamid II, atau Syarif Abdul Hamid Alkadrie, putra sulung Sultan Pontianak ke-6, Sultan Syarif Muhammad Al Kadrie adalah Perancang Lambang Negara Indonesia, Garuda Pancasila dan sekarang kita tau bahwa Pancasila sebagai pemersatu bangsa”, kata H. Dedi

Selain itu juga menurut H. Dedi guru kami tercinta KHR. As’ad syamsul Arifin juga 2 tahun yang lalu dikukuhkan menjadi pahlawan nasional yang dikukuhkan oleh pemerintah pada tahun 2016 yg lalu, sehingga kami sebagai santri dan alumni Sukorejo beryukur atas anugerah tersebut.

“Kiai As’ad menganjurkan kepada santri dan alumni sukorejo ketika moment hari pahlawan nasional untuk mengingat dan mengenang perjuangan dan jasa jasa para pahlawan, menelaah cita cita para kusuma bangsa, dan menghormati para syuhada”, tambah H. Dedi

Kita agendakan dibeberapa makam yang sudah kita sanggahi dengan berbagai macam bacaan sesuai tuntunan NU, di makam sultan Syarif Abdurrahman tadi kami membacakan Surat Yasin dan Rhotibul Haddat, di Makam KH. Fathul Bari kami menghatamkan Al Qur’an dan di Makam Habib Husen Al Kadrie kami membacakan Tahlil.

“Tujuan kita adalah mendoakan dan mengucapkan terimakasih kepada pahlawan, maka tuntunan umat islam khususnya NU bagi yg sudah wafat adalah mengirimkan doa kepada beliau para pahlawan dan para wali allah. Tambah H. Dedi.

60 orang Alumni, Wali Santri dan simpatisan mengikut kegiatan Ziaroh ini, selain pengurus IKSASS Rayon Kalbar, ziaroh ini juga di akadan oleh Pengurus Sub Rayon IKSASS Kabupaten Ketepang tadi padi. (Mulyadi/Fauzi)

Check Also

“Ayo Menanam” Dalam Hadapi Krisis Corona

Oleh: Dr.Yusriadi, MA Ketua PW ISNU Kalbar Sore itu di akhir Maret 2020, di Group …

Tinggalkan Balasan

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com