fbpx
Home / Berita / Doa Tolak Balak Menjadi Tradisi Masyarakat Desa Madu Sari Sambut Robo’-Robo’

Doa Tolak Balak Menjadi Tradisi Masyarakat Desa Madu Sari Sambut Robo’-Robo’

KUBU RAYA – NU Khatulistiwa,  Dalam rangka semarak Tradisi Rebo Wekasan atau Robo’-robo’ dalam masyarakat Melayu,  warga sekitar di Masjid Al – Jinan Rt 002 Parit Bunga Baru Desa Madu Sari Kecamatan Sungai Raya (07/11) Ahad Pagi menggelar acara  doa tolak balak secara bersama.

Warga Desa Madu Sari tampak antusias mengikuti serangkaian acara yang rutin diselenggarakan setiap rabu terakhir di Bulan Safar tiap tahunnya.

Pada kegiatan robo’ robo’terbsebut dihadiri para tokoh agama, tokoh masyarakat,tokoh pemuda, dan kepala desa madu sari turut serta bersama keluarga nya hadir kumpul kumpul berdoa bersama.

KH. Mahrus selaku pemuka agama menghimbau kepada jamaah agar senantiasa meluruskan niatnya berkumpul di dalam majlis “Kegiatan tersebut murni untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan harapan semoga  kita semua senantiasa dalam lindungan dan men dapat pengampunan dari Allah dan mendapatkan syafaaf baginda nabi muhammad saw. ” ujarnya

Sebelum kegiatan berlangsung dilakukan Tawassul terlebih dahulu oleh KH. Mahrus atau biasa dipanggil Haji bukhori. Dan dilanjutkan dengan pembacaan Surat Yaasin bersama yang dipimpin oleh Ustadz Muhammad Rolis.

Dan uniknya dari kegiatan tersebut ada sebuah bak/baskom yang berisikan air minum yang di bacakan doa dan ada selembar kertas bertuliskan kalimat suci al – quran. Dan kemudian air tersebut untuk di minum bersama – sama.

Setelah pembacaan Yasin  bersama dilanjutkan dengan pembacaan sholawat nabi “Assholatu Wassalmu Alaikaya Rosulullahi Robbul Alamain” sebanyak 21 Kali. Dan pembacaan doa selamat tolak balak.

Pada penghujung kegiatan tersebut sebagai rasa syukur di sajikannya makan makanan untuk disantap

Check Also

PMII Sambas Gelar PKD Pasca Seminggu Dilantik

SAMBAS – NU Khatulistiwa, Seminggu pasca dilantik,  Pengurus Cabang PMII Kabupaten Sambas mengadakan Pelantikan Kader …

Tinggalkan Balasan