fbpx
Home / Badan Otonom / Bersama OKP Pontianak, PMII IAIN Pontianak Ikut Gotong Royong Bersihkan Tempat Wisata

Bersama OKP Pontianak, PMII IAIN Pontianak Ikut Gotong Royong Bersihkan Tempat Wisata

PONTIANAK – NU Khatulistiwa,  Semangat hari pahlawan ditunjukan oleh pemuda kota Pontianak dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Ahad, 11/11 pagi. Hari Pahlawan pada 10 November ini memberi power yang membangkitkan jiwa pemuda yang telah lama tidur, khususnya pemuda di Kota Pontianak. Para pemuda Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat   Institut Agama Islam Negeri Pontianak juga ikut berkolaborasi dalam kegiatan Gotong royong tersebut.

Gotong royong ini sengaja dipersiapkan sejak satu bulan yang lalu dengan memanfaatkan media sosial untuk mensosialisasikan agenda tersebut.  Dengan menggandeng 50 organisasi baik dari komunitas relawan maupun instansi pemerintah kota maupun provinsi akhirnya kegiatan dapat terealisasi pada minggu pagi.

Kegiatan gotong royong dilaksanakan dengan membersihkan Kawasan Wisata di Pal Empat Sungai Jawi. Sebelum melakukan aksi bersih-bersih , dilakukan apel sederhana yang di buka oleh Kadis LH Kota Pontianak yaitu Ibu Tinorma yang kemudian di lanjutkan dengan membersihkan kawasan sekitar seperti parit , lahan-lahan yang ditumbuhi rumput liar dan juga membersihkan empat bangunan tua dan membuat ecobrick dari sampah plastik.

“Semangat Relawan, Semangat Pahlawan” yang merupakan tema yang diusung dalam kegiatan ini memberikan kesan dan manfaat yang besar terhadap lingkungan. Kekuatan 10 November tidak hanya menghadirkan organisasi dan komunitas saja, bapak Edi Rusdi Kamtono selaku Walikota Pontianak juga turut mendukung berjalannya kegiatan. Kedatangan beliau ialah untuk melakukan peninjauan sekaligus menebar bibit ikan lele sebanyak 10.000 ekor yang telah disiapkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan ke parit Sungai Jawi.

“Semoga Aksi ini, semangat kerelawanan, gotong royong dan kolaborasi para pemuda semakin meningkat dan juga semoga menjadi bagian dalam mewujudkan pengembangan kawasan Sungai Jawi pal 4 menjadi kawasan wisata kreatif di Kota Pontianak” tegas Beny Than Heri selaku aktivis lingkungan sekaligus koordinator kegiatan.

Tujuan dari kegiatan ini tentunya ialah untuk menjaga keindahan dan mewujudkan lingkungan yang indah dan sehat, serta sebagai salah satu bentuk kecintaan para pemuda terhadap tanah air.

Antusiasme pemuda terhadap kegiatan ini tentu sangat luar biasa, khususnya pada kader PMII IAIN Pontianak seperti yang di katakana oleh Tiara sari selaku Ketua Komisariat PMII IAIN Pontianak “ kami sangat antusias saat mengetahui informasi dari media sosial, karena ini merupakan tugas kita sebagai pemuda dan warga kota Pontianak, yang mana parit di kawasan Sungai Jawi ini menjadi sumber bagi warga sekitar” tukasnya.

Aksi yang luar biasa ini patut diacungi jempol dan di dukung penuh dari pemerintah kota Pontianak , kreatifitas yang membangkitkan jiwa para pemuda ini telah berkontribusi dalam menjaga keasrian lingkungan dan meningkatkan kesehatan masyarakat.  (Iin/Fauzi)

Check Also

KOPRI PMII Kabupaten SIntang Gelar Sekolah Islam Gender Perdana

SINTANG – NU Khatulistiwa,  Pengurus Koprs Putri Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Putri Cabang Sintang …

Tinggalkan Balasan