fbpx
Home / Berita / Lestarikan Budaya Madura, IKBM Mempawah Gelar Pemilihan Duta Lanceng Peraben 2018

Lestarikan Budaya Madura, IKBM Mempawah Gelar Pemilihan Duta Lanceng Peraben 2018

 

MEMPAWAH – NU Khatulistiwa,  Pembukaan Pemilihan Duta Lanceng Peraben Kabupaten Mempawah diresmikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mempawah, 11/10 bertempat di gedung Candra Midi Kabupaten Mempawah.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Ikatan Keluarga Besar Madura Kabupaten Mempawah  dapat terealisasi berkat kerjasama dengan beberapa pihak seperti  Dispora Kabupaten Mempawah  dan instansi maupun Sponsor yang sangat berperan penting atas terselenggaranya kegiatan ini.

Dalam kegiatan pemilihan Duta Lanceng Paraben ini diikuti oleh sekitar 38 peserta yang terdiri dari 9 kecamatan. Yang ada di Kabupaten Mempawah.

Pada kegiatan pembukaan ini turut dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata Mempawah Firman Juli Purnama, Wakil Ketua DPRD Mempawah Rajuini, perwakilan tokoh pemuda, dan para peserta Lanceng Praben Kabupaten Mempawah.

Ketua panitia Miftahul  Akhyar menyampaikan bahwa pemilihan lanceng Paraben rencananya akan di laksanakan setiap satu tahun sekali, guna untuk mencari generasi baru  duta lanceng Paraben selanjutnya. Kegiatan Ini  juga merupakan salah satu bentuk upaya melestarikan budaya yang ada pada suku Madura yang didalamnya berisi tentang pengetahuan terkait kebudayaan, bahasa, dan etika orang-orang Madura khususnya.

“Terlepas dari itu juga, bahwa ini juga merupakan ajang silaturahmi pemuda Madura yang ada di kabupaten mempawah. Dengan harapan pemuda dapat bangkit dan terus belajar dari apa yang mereka pelajari selama di kegiatan ini. ” Ujar Akhyar.

Sambungnya. Bahwa kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, mulai dari tanggal 11-12 dilaksanakan di gedung Candra midi mempawah dan berakhir pada Sabtu malam 13 Oktober di panggung ria terminal mempawah.

Junaidi selaku sekretaris IKBM Kabupaten Mempawah, dalam sambutannya bahwa pengurus IKBM bangga dengan terlaksananya kegiatan ini. Menurut nya ini adalah hal yang sangat positif jika terus di kembangkan oleh generasi ke generasi. Pengurus IKBM akan senantiasa mendukung kegiatan ini. Dan seluruh kegiatan yang nantinya memang akan dilakukan oleh pemuda Madura jika memang  berdampak positif terhadap perkembangan kabupaten mempawah.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Firman Juli Pirnama menyampaikan bahwa ia sangat berterima kasih kepada pemuda Madura. baginya dengan telah di laksanakan kegiatan ini menandakan bahwa akan Benyak tumbuh kebudayaan yang kemudian di jadikan salah satu bagian untuk perkembangan kabupaten ini, ujarnya

Tak sampai disitu ia juga berharap bahwa sejenis tarian daerah Madura yang ada harus terus di kembangkan, agar tidak hilang begitu saja. (Salihin/Fauzi).

Tinggalkan Balasan