fbpx
Home / Badan Otonom / Perkuat Intelektualitas Di Era Milenial, PMII Rayon Abu Hanifah IAIN Pontianak Kembali Gelar MAPABA

Perkuat Intelektualitas Di Era Milenial, PMII Rayon Abu Hanifah IAIN Pontianak Kembali Gelar MAPABA

 

Pontianak – NU Khatulistiwa,  Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Abu Hanifah Institut Agama Islam Negeri Pontianak telah mengadakan Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) yang bertema “Menumbuhka Loyalitas, Integritas dan Intelektualitas di Era Milenial” , kegiatan ini diselenggarakan di Balai Nahdlatul Ulama Jl Husein Hamzah Pal 3. Pada Sabtu (22/9).

Pada mapaba kali ini, Rayon Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam sukses Merekrut 50 peserta yang berasal dari beberapa jurusan dan fakultas yang ada di IAIN Pontianak. Semakin tahun minat mahasiwa untuk bergabung di Organisasi PMII semakin bertambah. Meskipun Mapaba di awal tahun 2018 Jumlahnya lebih banyak dari Mapaba kali ini. Jumlah pendaftar sebenarnya mencapai 150 Mahasiswa, namun karena beberapa mahasiswa  sedang ada kegiatan wajib di kampus, maka mereka terpaksa tidak mengikuti Mapaba Rayon Abu Hanifah. Sebagian pendaftar akan menyusul di Mapaba selanjutnya baik Mapaba FTIK maupun FUAD.

Dalam acara pembukaan. Ketua panitia yaitu Bobi Azhari berpesan agar para peserta berpegang teguh pada ideology PMII, dan terus berproses. Karena menurutnya setiap proses yang ada di PMII akan mendatangkan manfaat.

Sebelum acara pembukaan MAPABA dimulai, diadakan screening yang pengujinya adalah Demisioner Ketua 1 PC PMII Pontianak yaitu Sahabat Hasanie Mubarak dan senior PMII yaitu Khairil Arif Yaqub, yang keduanya merupakan penulis buku Beragama Dalam Kebingungan. Peserta pada kegiatan screening diuji dengan wawasan kebangsaan dan tes baca Al- Quran.

Menurut Ketua PMII Rayon Abu Hanifah yaitu Ahmad Syafawi tujuan diadakan screening bukan untuk mengoreksi kesalahan para peserta, namun untuk mengetahui kemampuan dan wawasan peserta sebelum masuk ke dalam materi materi mapaba kedepan, semacam pemanasan sebelum MAPABA. Ia juga mengapresiasi peserta yang sudah bertekad dan menanamkan komitmen mengikuti MAPABA.

“Mari kita jaga Indonesia dengan menanamkan tujuan PMII, yaitu Terbentuknya pribadi muslim Indonesia yang bertakwa kepada Allah SWT, berbudi luhur, berimu, cakap dan bertanggung jawab dalam mengamalkan ilmunya dan komitmen memperjuangkan cita cita kemerdekaan Indonesia” imbuhnya

Ketua Komisariat PMII IAIN Pontianak, Tiara Sari dalam sambutannya berpesan kepada para peserta agar setelah menjadi anggota PMII tidak hanya bergerak di PMII saja namun turut aktif dalam kegiatan kampus dan berkontribusi di UKM maupun UKK.

“Jangan malu mengaku PMII, Ikuti proses jangan setengah setengah” Ibuhnya. Ia juga berpesan apapun yang terjadi ketika berproses harus tetap dilewati, meskipun dalam bentuk rintangan. Karena menurutnya nahkoda yang hebat tidak terbentuk dari ombak laut yang tenang namun ombak yang begitu besar.

Sahabat Mulki selaku Sekretaris Pengurus Cabang PMII Pontianak dalam hal ini mewakili ketua Cabang menegaskan tentang peran mahasiswa sebagai Agen of Change dan Agen Of Control. Peseta MAPABA Harus tau apa yang seharusnya dilakukan oleh seorang mahasiswa.

MAPABA kali ini dihadiri oleh Kota Pontianak yaitu Didi Darmadi yang juga senior serta Dosen IAIN Pontianak. Dalam sambutannya ia berpesan agar peserta MAPABA nantinya menjadi mahasiswa yang kompetitif dan membangun tingkat percaya diri diakampus.

“Kalian kalau sudah brorganisasi harus PD di kampus, mahasiswa yang berorganisasi satu tingkat lebih baik dari mahasiswa yang tidak berorganisasi, soalnya mahasiswa yang berorganisasi nimba ilmunya oke, jaringannya juga jalan” ungkapnya.

Ia juga berharap agar mahasiswa yang tergabung dalam PMII mampu meningkatkan eksistensi diri dan menjadi bibit unggul. Selain memberikan kata sambutan ia juga membuka acara MAPABA Rayon Abu Hanifah. (Maulida)

 

Check Also

“Ayo Menanam” Dalam Hadapi Krisis Corona

Oleh: Dr.Yusriadi, MA Ketua PW ISNU Kalbar Sore itu di akhir Maret 2020, di Group …

Tinggalkan Balasan

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com