Home / Berita / TQN Khatibiyah Sambas Gelar Dzikir Di Istana Kesultanan Jelang Pergantian Tahun

TQN Khatibiyah Sambas Gelar Dzikir Di Istana Kesultanan Jelang Pergantian Tahun

Sambas – NU Khatulistiwa,  Istana Alwatzikhoebillah Kesultanan Sambas menggelar Pagelaran Seni Budaya dipenghujung tahun 2017. Berbagai kegiatan digelar, seperti: Rafid Healing (Pengobatan), Donor Darah, Sunatan Massal, Pasar Murah dan diakhiri dengan Pagelaran Seni Budaya di Halaman Istana Alwatzikhoebillah Kesultanan Sambas pada malam pergantian tahun, 31/12/2017.

Pada malam Pagelaran Seni Budaya diisi dengan berbagai kegiatan seni, seperti: Tari Ratib Saman, Kuntau Persatuan Orang Melayu (POM), Tari Rentak Melayu, Tanjidor, Syair/Pantun Melayu Sambas, dan Tari Japin. Selain kegiatan seni, diisi pula dengan Dzikir Khataman Khawajikan oleh jamaah TQN Khathibiyah Sambas dan Tausiyah Keagamaan yang disampaikan oleh Ustadz M. Hedi, M.Pd.I. dari Palembang.

Kegiatan Shalawat Thariqah dan Dzikir TQN dilaksanakan di tempat terpisah, yakni di Ruang Tamu Istana Alwatzikhoebillah Kesultanan Sambas, sementara pagelaran seni dan tausiyah dilaksanakan di halaman Istana. Shalawat dan dzikir dimulai pukul 20.30 Wib yang dipimpin langsung oleh guru mursyid TQN Khathibiyah Sambas, Syaikh Jayadi M. Zaini dari Sarilaba B Sambas. Shalawat dan dzikir diikuti sekitar 30 orang yang rata-rata adalah warga Nahdliyin berjalan dengan penuh khidmat dan khusyu’, bahkan ada beberapa jamaah yang merasakan perbedaan nuansa religi antara dzikir di masjid/rumah dengan di Istana.

Sementara dalam tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz M. Hedi Al-Palembangi, ia membahas seputar sejarah dan kiprah Syaikh Ahmad Khathib Sambas beserta Dato’ Imam Nuruddin Musthafa dalam bidang keagamaan dan thariqah.

Tujuan disertakannya acara Dzikir dan Tausiyah dalam Pagelaran Seni Budaya Istana Alwatzikhoebillah Kesultanan Sambas adalah ikhtiar untuk Menjaga Tauhid Menjunjung Daulat sesuai motto yang diusung panitia pelaksana.

Kerabat Kesultanan Sambas sangat berterima kasih atas partisipasi Jamaah TQN Khathibiyah Sambas yang turut andil dalam mengisi acara, bahkan rencananya akan dilaksanakan Shalawat dan Dzikir TQN Khathibiyah Sambas secara rutin tiga bulan sekali di Istana Alwatzikhoebillah, demikian ungkap Dr. Uray B. Asnol, SKM, MM, M.Kes selaku ketua panitia pelaksana. Demikian pula dengan acara tausiyahnya, direncanakan akan dilaksanakan secara rutin di setiap kecamatan oleh Ustadz M. Hedi Al-Palembangi. Semoga rencana ini disambut baik oleh masyarakat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas. (Andi)

Tinggalkan Balasan