fbpx
Home / Badan Otonom / Muslimat dan PMII Kabupaten Sambas Meriahkan Pergantian Tahun Dengan Kegiatan Positif

Muslimat dan PMII Kabupaten Sambas Meriahkan Pergantian Tahun Dengan Kegiatan Positif

Sambas – NU Khatulistiwa,  Muslimat Nahdlatul Ulama dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Kabupaten Sambas memilih cara yang berbeda untuk mengisi pergantian tahun (31/12/2017). Kali ini kegiatannya adalah bersilaturrahmi ke warga Nahdliyin yang berdomisili di Desa Seret Ayon Kecamatan Tebas. Desa terpencil dengan jarak tempuh lebih dari 3 jam kendaraan bermotor berpenduduk sekitar 1.500 jiwa, sebagian besar warganya adalah transmigrasi.

Acara silaturrahmi tersebut diisi dengan dialog kepada warga masyarakat. Sangat banyak keluh-kesah yang disampaikan oleh warga, di antaranya adalah masalah sengketa lahan perkebunan yang tak kunjung selesai, jalannya rusak parah, pelayanan kesehatan sangat sulit, belum adanya PLN, dan penyelenggaraan pendidikan yang kurang memadai.

Selain dialog, rombongan juga menghidupkan kembali pengajian yang sudah lama vakum. Tampak kegembiraan di wajah warga dalam acara pengajian tersebut. Pada akhir acara, rombongan juga membagikan mukena untuk warga.

Setelah usai acara dialog, rombongan Muslimat dan PMII yang berjumlah 15 orang tersebut meninjau sekolah SD-SMP satu atap. Dari hasil penuturan masyarakat, kehadiran guru di sekolah sangat-sangat memprihatinkan, begitu pula dengan kepala sekolahnya. Siswa hanya dididik oleh guru honorer setempat, itu pun sangat tidak memadai. Siswa seringkali diberikan tugas, bahkan tak jarang pula yang tidak belajar lantaran ketidakhadiran gurunya.

Warga Seret Ayon sangat berharap kondisi nyata dan permasalahan yang mereka hadapi segera ditanggapi dan diberikan solusi terbaik dari instansi terkait dan pemerintah daerah Kabupaten Sambas. (Andi)

Tinggalkan Balasan