Home / Badan Otonom / PC GP Ansor Sekadau Cetak Kader Militan

PC GP Ansor Sekadau Cetak Kader Militan

Sekadau – NU Khatulistiwa,  Sebanyak 68 kader Banser Sekadau telah melaksanakan baiat yang dibimbing langsung oleh Kepala Satuan Koordinasi Wilayah (Satkorwil) Kalimnatan Barat  pada tanggal 24 Desember 2017 di Desa Semabi Kecamatan Sekadau Hilir. Baiat kader ini merupakan akhir dari rangkaian kegiatan Diklat Terpadu Dasar (DTD) VI Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Sekadau.

DTD ini merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh masing-masing cabang GP Ansor di kabupaten. Kegiatan yang bertujuan mencetak kader-kader muda militan diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi agama, bangsa dan negeri.

Kepala Satuan Khusus (kasatsus) Provost Satuan Koordinasi Nasional (Satkornas), H. Imam Kusnin Ahmad turun langsung mengomandoi kegiatan pengkaderan ini dengan di dampingi oleh Ketua PW GP Ansor Kalbar, M. Nurdin dan jajaran satkorwil Kalbar.

Dalam membentuk karakter kader militan, para peserta kegiatan dibekali materi-materi Kebangsaan, Ke-NU-an, ke-Aswaja-an dan lain sebagainya. Dalam penyampaian materinya, M. Nurdin menegaskan bahwa Ansor dan Banser adalah garda terdepannya NU, jika Ansor dan Bansernya kuat, maka akan kuat pula NU nya, maka menjadi penting pengkaderan ini sebagai bagian dari memperkuat barisan Ansor dan Banser guna mengemban tugas mengawal ulama dan NKRI.

Tak luput pula, gemblengan fisik juga di berikan kepada para kader guna mempersiapkan kader yang tahan dalam segala medan sejak dimulainya acara, yakni tanggal 22 Desember 2017. Kasatkorwil Kalbar, Abah Tohidin memberikan testimony kepada para kader bahwa NU perlu kader pejuang, bukan kader pecundang. Maju sebagai pejuang atau mundur sebagai pecundang, imbuh beliau.

Saat ditanya oleh instruktur mengenai tujuannya ingin mengikuti pengkaderan ini, Saparudin, salah seorang peserta mengatakan “saya ingin menjadi bagian dari orang yang berkhidmat kepada NU dan NKRI.

Kegiatan di akhiri dengan kirab kader dari lokasi kegiatan menuju kediaman Rois Syuriah PCNU Kabupaten Sekadau untuk mendapatkan arahan dan petunjuk dari kyai. (MHY/SKD)

Tinggalkan Balasan