fbpx
Home / Ngaji / Berpikir Positif dan Optimis, Dibalik Kesulitan Pasti ada Kemudahan

Berpikir Positif dan Optimis, Dibalik Kesulitan Pasti ada Kemudahan

Oleh: Dr Wajidi Sayadi

Ukuran sukses setiap orang bermacam۔macam, dan faktor۔faktor yang menyebabkan meraih sukses juga bermacam۔macam serta cara memperolehnya juga bermacam۔macam. Salah satunya yang pasti adalah apa yang diajarkan Rasulullah SAW. dalam hadis ini:

اَنٌَ النًَصْرَ مَعَ الصٌَبْرِ وَاَنٌَ الْفَرَجَ مَعَ الْكَرْبِ وَاَنٌَ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرً

Sesungguhnya pertolongan (meraih sukses) harus ada bersama kesabaran. Sesungguhnya solusi jalan keluar (setiap masalah) harus ada bersama kesusahan. Sesungguhnya bersama kesulitan pasti ada kemudahan. (HR. Ahmad bersumber dari Ibnu Abbas).

Secara khusus Nabi SAW. menyampaikan pesan  ini kepada Ibnu Abbas, menunjukkan bahwa pesan ini sangat penting dan besar pengaruhnya dalam menghadapi berbagai problem kehidupan manusia. Terutama sebagai bekal hidup adalah selalu berpikir positif dan optimis bahwa setiap kesusahan yang dihadapi tidak ada yang sia۔sia pasti ada solusi dan jalan keluarnya. Sejelek dan sejahat apa pun seseorang pasti ada kebaikannya.
Disebutkan dalam riwayat bahwa ketika Nabiyullah Isa ‘alaihissalam melakukan perjalanan bersama beberapa orang sahabatnya. Tiba۔tiba mereka menemukan bangkai binatang, berkatalah sahabatnya: “Sungguh menusuk hidung bau bangkai binatang ini”. Nabi Isa langsung bersabda: “Alangkah putihnya gigi binatang ini”.
Artinya, ketika orang lain melihat sisi jelek dan buruknya, yakni busuknya, kita bisa lihat sisi baiknya, yakni giginya yang putih.
Begitulah cara bijak memandang kehidupan ini dengan berbagai dinamikanya.
Banyak orang susah karena disusahkan oleh cara pandang dan pikirannya yang selalu negatif. Bahkan dipastikan salah satu sumber penyakit adalah dari pikiran negatif itu sendiri. Terkadang pikiran negatif itu yang menutupi semangat optimis.
Apabila titik terang selalu dapat dilihat dari sesuatu yang gelap, titik positif selalu dilihat dari yang negatif, maka pastilah berbagai kemudahan dan solusi jalan keluar akan mengikuti setiap masalah dan kesulitan yang dihadapi. Semunya memerlukan proses dan waktu. Di tengah proses dengan melalui berbagai tantangan hidup diperlukan kesabaran. Inilah ciri dari seorang yang selalu optimis.

Semoga kita termasuk orang۔orang yang selalu berpikiran positif dan optimis.
Pontianak, 27 Nopember 2017

Tinggalkan Balasan