Home / Nyantri / ​Hukum Bersalaman Setelah Shalat Berjama’ah 

​Hukum Bersalaman Setelah Shalat Berjama’ah 

Tentang hukum bersalaman setelah shalat berjama’ah kaum muslimin berbeda pendapat, ada yang mengatakan tidak boleh bahkan bid’ah untuk di lakukan. Dengan alasan tidak pernah di perbuat oleh nabi saw, kata mereka tidak ada satu hadits pun yang berbicara bahwa nabi bersalaman setelah shalat berjama’ah, oleh karena itu tidak selayak nya kita bersalaman, kalau bersalaman berarti bid’ah, membuat ajaran/agama baru. Salah satu dalilnya,,,Rasulullah  saw  setiap memulai khutbah biasanya beliau mengucapkan, ,,,,“Amma ba’du. Sesungguhnya sebaik-baik perkataan adalah kitabullah dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad saw. Sejelek-jelek perkara adalah yang diada-adakan, setiap yang diada-adakan itu adalah bid’ah, setiap bid’ah adalah kesesatan” (HR. Muslim no. 867)

Dan sebagian kaum muslimin berpendapat adalah boleh , bahkan sunnah hukumnya. Alasannya,,, Dari Salman al Farisiy dari Nabi saw bersabda,”Sesungguhnya seorang muslim apabila bertemu dengan saudaranya lalu menjabat tangannya maka dosa-dosa keduanya akan luruh/jatuh sebagaimana rontoknya dedaunan dari pohon kering pada hari bertiupnya angin kencang dan akan diampuni dosa keduanya walaupun dosa keduanya seperti buih di lautan.” (HR. ath Thabrani dengan sanad hasan),,,,Dari Bara bin ‘Azib Radhialllahu ‘Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

“Tidaklah dua orang muslim bertemu lalu mereka bersalaman melainkan Allah ampuni mereka berdua sebelum mereka berpisah.” (HR. Abu Daud No. 5212, At Tirmidzi No. 2727, Ibnu Majah No. 3703)

Hadits tersebut tidak mengikat tempat dan waktu untuk bersalaman. Sehingga dapat di simpulkan bahwa dianjurkan untuk bersalaman saat bertemu di mana saja kita berrada , apakah di kantor, di rumah, di sekolah atau di masjid dll,  dan demikian juga  sangat baik  bersalaman setelah melaksanakan shalat berjama’ah sebagai bentuk pengimplementasian sunnah yang mulia serta untuk meneguhkan kasih sayang dan menghilangkan permusuhan, dan Mudah2an dosa-dosa kepada sesama terampuni oleh Allah, di sebabkan selalu bersalaman di antara sesamanya,,,,,,Wallahu a’lam,,,,,,

BY Jayadi,M.A

Sarilaba.B, Kec -Jawai Selatan , Kab-Sambas,  Kalbar

Tinggalkan Balasan