Home / Berita / MWCNU Pontianak Utara Adakan Istighosah

MWCNU Pontianak Utara Adakan Istighosah


Pontianak – NU Khatulistiwa, Kamis, (24/08), Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Pontianak Utara, menggelar Istighasah bersama para Nahdiyyin, Warga, Ulama dan Aparatur Negara se-Pontianak Utara. Kegiatan itu digelar dalam rangka pembentukan Pengurus Ranting (PR) NU se-Pontianak Utara. 

Di samping itu, Ketua Pengurus MWCNU Pontiananak Utara, mengatakan, istighasah memang bagian dari produk NU yang harus mulai digalakkan dalam seluruh elemen masyarakat. Maka dari itu, tambahnya, MWCNU Pontianak Utara, merangkaikan pembentukan PRNU tersebut dengan Istighasah.

“Istighasah merupakan bagian dari produk NU yang wajib kita lestarikan untuk kebaikan anak cucu kita kelak. Makanya, sambil bentuk pengurus ranting, sambil istighasah biar barokah dan manfa`at.” Ujar Ust. H. Mas`ud, kepada reporter.

Senada dengan Ust. H. Mas`ud, Ust. H. Fauzi Abu Bakar, Wakil Ketua Pengurus Cabang (PCNU) Kota Pontianak, merasa Istighasah perlu digalakkan oleh masyarakat khususnya warga nahdiyyin. Menurutnya, masyarakat juga harus memiliki inisiatif sendiri, demi kebaikan mereka.

“Istighasah artinya kita minta tolong kepada Allah. Jika kita melakukan istighasah, itu menandakan kita tak ada apa-apanya, kita ini lemah dan butuh kepada Allah. Masyarakat wajib mengakui itu jika ingin hidup bahagia.” jelas H. Fauzi dalam pidatonya.

Beliau mengatakan bahwa, Indonesia saat ini dalam keadaan dlarurat narkoba, kriminal, korupsi dan moral anak bangsa. Menurutnya, tak cukup dengan rumah sakit, penjara, dan sekolah untuk menyelesaikan permasalahan yang kompleks ini. 

“Menghadapi masalah yang sedemikian rupa itu, tak cukup hanya dengan mengatasi, tapi perlu kita cegah. Mari kita memohon kepada Allah SWT, untuk keselamatan Negara ini. Mudah-mudahan anak-cucu kita selamat dunia dan akhiratnya. Amin.” pungkas beliau. 

Camat Pontianak Utara, Aulia Candra, berharap, gelaran Istighasah ini dapat dilanjutkan. Di samping untuk kemaslahatan bersama, juga untuk mempererat tali silaturahmi antara ulama dan umara di Pontianak Utara.

Gelaran Istighasah tersebut, bertempat di Masjid Besar Al-Isra`, Pontianak Utara dan didukung oleh Camat Pontianak Utara, Lurah se-Pontianak Utara, Kapolsek Pontianak Utara dan Koramil Pontianak Utara. Selain itu, kegiatan itu dihadiri pula oleh para pengasuh Pondok Pesantren se- Pontianak Utara.  (Holi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *