Home / Berita / Kemenag Kalbar Adakan Lokakarya Wacana Agama dan Keberagaman 

Kemenag Kalbar Adakan Lokakarya Wacana Agama dan Keberagaman 

Pontianak – NU Khatulistiwa, Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat bekerja sama dengan Brittish Council Dan Indonesia Consortium For religious studies yang msrupakan konsorsium studi keagamaan yang dikelola oleh Universitas Gadjah Mada, Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga serta Universitas Kristen Duta Wacana mengadakan lokakarya pengayaan wacana agama dan keagamaan di aula Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Barat, Selasa, 22/8 Pagi. 

Kegiatan ini melibatkan berbagai elemen lintas agama, mulai dari penyuluh agama, FKUB, hingga ormas keagamaan dan Kepemudaan.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara lokakarya, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Barat  Drs Syahrul Yasin, M.Si memberikan apresiasi terhadap terselenggaranya kegiatan ini. “Dalam konteks Kalimantan Barat yang majemuk kita hendaknya mampu menggugah semangat keberagamaan dan menyajikan pemahaman agama yang moderat. Kita tentunya tidak ingin mengulang sejafsh kelam konflik bernuansa SARA di Kalimantan Barat yang puluhan tahun silam pernah terjadi” pungkasnya

Dalam acara lokakarya tersebut, hadir sebagai pemateri Dr Siti Syamsiyatun Direktur ICRS serta Dr. Leonard Chrysosfomos Epafras. Peserta diajak untuk mengenal berbagai problem kehidupan beragama ditengah tengah keberagaman hari ini  termasuk didalamnya adalah problem yang berasal dari beredarnya berita hoax dan ujaran kebencian. Lokakarya dikemas dengan diskusi yang cukup interaktif sehingga mampu menarik respon positif dari para peserta atas tema tema yang disajikan. (Fauzi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *