Home / Berita Daerah / Ansor – Banser ​Jaga Gawai Dayak Berkat Benih I Belitang

Ansor – Banser ​Jaga Gawai Dayak Berkat Benih I Belitang


BELITANG –  NU Khatulistiwa,Gawai Berkat Benih I se kecamatan Belitang 2017 yang mengambil tema ‘Adat Di Berkat, Basa di Jaga’, yang dilakukan di SP 2 Desa Maboh Permai Kecamatan Belitang belum lama ini. Kegiatan ini juga dihadiri Kapolsek Belitan dan tokoh masyarakat lainnya.

Dewan Adat Dayak Mualang Gedion Gunardjo yang membuka kegiatan Gawai Benih I se Kecamatan Belitang 2017. Ia mengatakan, agar semua tetap menjaga keamanan.
“Gawai ini tentunya memiliki kesadaran kita bermasyarakat adat dan melakukan hal yang lebih baik lagi, apalagi gawai ini bukan hanya suku daya saja melainkan suku melayu, Jawa, Batak, dan lainnya yang hidup di Kecamatan Belitang,” ujarnya.
Lasarus, Ketua Komunitas Adat Dayak Mualang Belitang mengatakan, terkait baju yang di pakai adalah bernama baju Salutam, lambang nya burung elang, berarti bermuka burung elang dan memiliki makna.
“Maknanya adalah elang ini bisa menaungi semua binatang yang lainnya. Dan kami sangat beterimakasih kepada para organisasi NU yaitu Banser, KBNU, dan masyarakat muslim belitang yang juga turut hadir dan mendukung kegiatan Gawai Benih I Kecamatan Belitang ini,” ucapnya.
Dirinya berharap, kegiatan ini bisa didukung oleh semua pihak, bukan hanya pada saat momen gawai dayak saja. “Tetapi kegiatan-kegiatan lain kita juga meriahkan, kedepan kita juga inginkan menerapkan semboyan bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Artinya kita juga menerapkan Bhineka Tunggal Ika,” pungkasnya.
Kapolsek Belitang Ipda Agus Junaidi mengatakan, pihaknya siap untuk melakukan pengamanan selama proses gawai berlangsung. “Kami mengucapkan selamat Gawai Benih I Kecamatan Belitang. Tetap menjaga ketertiban dan kita harus waspada terhadap pengaruh globalisasi dan pergulan yang menjerumuskan kepada barang terlarang seperti narkoba,” tukasnya. (mad)

Tinggalkan Balasan